• Jumat, 30 September 2022

10 Amalan yang pahalanya besar tapi sering diabaikan

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:49 WIB
10 amalan yang pahalanya besar tapi sering diabaikan. (Unsplash.com - Ali Burhan)
10 amalan yang pahalanya besar tapi sering diabaikan. (Unsplash.com - Ali Burhan)
BICARABERITA - Ada beberapa amalan yang saat dikerjakan akan mendapatkan pahala yang sangat besar, dan hal itu mungkin masih jarang diketahui atau seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang.
 
Melansir dari akun Instagram @kajian_seru. Inilah 10 amalan yang berpeluang mendapatkan pahala besar saat dikerjakan:
 
1. Shalat Berjamaah
Sholat Berjamaah pahalanya lebih banyak dan berlipat-lipat dibandingkan sholat sendiri. Pahala yang diperoleh ketika sholat berjamaah adalah 27 derajat dari sholat sendirian. (HR. Bukhari).
 
2. Istiqomah membaca Al-Qur'an 
Al-Qur'an adalah petunjuk bagi seluruh umat Islam di dunia, siapapun yang membaca Al Qur'an akan mendapatkan syafaat di hari akhir nanti.
 
 
Dan membaca Al-Qur'an akan diberi pahala setiap satu hurufnya, bayangkan jika satu ayat yang kita baca saja sudah dapat berapa banyak pahalanya. Karena yang dihitung mulai dari satu hurufnya bukan ayat atau surahnya. (HR. Muslim).
 
3. Berdzikir pada Allah
Jika kita membaca dzikir atau berdzikir, Allah pasti akan memberi pahala kepada kita. Dzikir sendiri dapat menjauhkan kita dari sihir, atau sesuatu yang membahayakan diri kita, jika kita rutin mengamalkan-nya. (Al-wabil Ash-shoyyib, hal. 71).
 
4. Sholat Dhuha dua rakaat
Pahala dua rakaat sholat Dhuha setara dengan sedekah 360 persendian. Maka akan sangat disayangkan jika kita mengabaikannya, dan melewati hari begitu saja tanpa mengamalkan sholat Dhuha ini. (HR. Ahmad).
 
5. Menjenguk orang sakit
Jika kita menjenguk orang sakit akan ada 70 ribu malaikat yang mendo'akan kita. (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad).
 
 
6. Sholat Tahajjud
Sholat Tahajjud mampu memudahkan urusan atau hajat kita, menghapus dosa-dosa kita, menjauhkan kita dari maksiat. 
 
Bahkan doa di sepertiga malam bagaikan anak panah yang tepat sasaran. Tak heran jika banyak orang yang memilih sholat Tahajjud saat memiliki hajat.
 
7. Membantu dalam pembangunan masjid
Ikut serta dalam pembangunan masjid sama halnya kita membangun rumah untuk di surga. Namun, sayang jika kita terlalu malas dan enggan untuk menyumbang ke masjid atau membantu dalam pembangunan-nya. (HR. Ibnu Majah).
 
8. Membantu singel perent
Membantu singel perent dan anak-anak yatim akan Allah beri pahala seperti orang yang berjihad dijalannya, atau seperti orang yang diibaratkan berpuasa sepanjang hari tanpa berbuka, atau seperti orang yang shalat pada malam hari. (HR. Bukhari).
 
 
9. Berhaji
Orang yang berhaji, jika hajinya mabrur maka tak ada pahala baginya kecuali surga, dan akan diampuni dosa-dosanya sehingga kembali suci seperti saat dilahirkan oleh ibunya. (HR. Bukhari).
 
10. Memperbanyak Amalan
Berbuat kebajikan dan perbanyak amal sebagai bekal kita pulang ke kampung akhirat, sebelum kita meninggalkan dunia yang fana ini selamanya.
 
Ingatlah, bahwa hidup hanya sekali dan di dunia ini kita hanyalah sementara dan suatu saat kita akan kembali kepada-nya. Semoga Artikel ini bermanfaat.***

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maulid Nabi 2022 dan amalan-amalan beserta keutamaannya

Selasa, 27 September 2022 | 10:54 WIB

4 adab ketika berdoa sesuai ajaran Islam

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

Amalan Rebo Wekasan agar tidak kena sial dan menolak bala

Selasa, 20 September 2022 | 11:37 WIB
X