• Jumat, 30 September 2022

10 Maksiat batin yang dapat menghambat terkabulnya doa, dari Imam Al Ghazali

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:21 WIB
Ilustrasi marah (pexels/andrea-piacquadio)
Ilustrasi marah (pexels/andrea-piacquadio)
 
BICARABERITA - Maksiat adalah salah satu jalan yang menyesatkan manusia, dikatakan juga maksiat adalah suatu hal yang hina dan akan menghalangi terkabulnya doa kita.
 
Maksiat sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada yang maksiat mata, telinga, ucapan, perbuatan, serta maksiat batin yaitu apa yang ada di dalam hati kita.
 
Kali ini Bicara berita akan membagikan secuil ilmu untuk para pembaca, tentang maksiat batin ini. Simak sampai akhir yaa.
 
 
Maksiat merupakan hal yang dilarang oleh Allah, dan termasuk perbuatan yang dzolim terhadap diri mereka sendiri yang melakukannya.
 
Melansir dari akun Instagram @dakwahukhuwah_ Disebutkan oleh Imam Al Ghazali rahimahumullahu ta'ala dalam kitab Arba'in Fi Ushuluddin, Ada 10 perkara yang menjadi maksiat batin.
 
1. Syarhut Tha'am
Dikatakan bahwa Syarhut Tha'am adalah orang yang suka makan banyak, atau seseorang yang makan secara berlebihan. Maka hal ini termasuk maksiat batin.
 
2. Syarhul Kalam
Syarhul Kalam adalah orang yang suka banyak berbicara, atau bisa dikatakan lebih banyak berbicara dibanding diam.
 
 
3. Ghadhab
Ghadhab artinya kuat marah, jika dijabarkan orang semacam ini marahnya terlalu lama atau berlarut-larut. Padahal kita sebagai manusia harus banyak bersabar walau itu sulit.
 
4. Hasad
Sifat Hasad bisa dikatakan dengki terhadap orang lain yang mendapatkan kenikmatan dari Allah. Padahal semua rezeki telah ditetapkan oleh-nya dan kita pun sudah mendapatkan bagiannya tersendiri.
 
Jadi, tugas kita adalah bersyukur bukan mendengki kepada orang yang diberi kenikmatan. Maka hal ini (Hasad) akan menjadi maksiat batin.
 
5. Bakhil Wa Hubbul Mal
Sifat ini artinya pelit dan cinta terhadap harta benda (dunia). Ini termasuk maksiat batin, karena manusia yang pelit dan cinta terhadap dunia tidak disukai Allah.
 
 
Seharusnya kita menyadari bahwa kita sebagai manusia, hidup di dunia hanya sementara, lalu untuk apa mencintai dunia yang tak ada gunanya ini, serta meraut semua harta duniawi dan tidak mau berbagi pada saudara-saudara yang kekusahan. 
 
Jika pada akhirnya dunia ini akan kita tinggal dan hanya amalan lah yang akan menjadi penolong kita diakhir nanti.
 
6. Hubbul Jah
Sifat ini adalah mencintai pangkat, kebesaran, dan kedudukan. Ini suatu hal yang menjadikan kita maksiat batin karena terlalu cinta dengan pangkat yang kita miliki serta kedudukan yang pastinya tidak akan kita bawa mati.
 
Terlalu mengejar dan membangga banggakan diri terhadap pangkat, kebesaran, dan kedudukan tidaklah membuat kita mendapat ridhonya malah akan mendatangkan penyakit hati atau maksiat batin.
 
 
7. Hubbud Dunia
Hubbud Dunia dalam artian adalah cinta kepada segala perkara duniawi. Orang yang memiliki rasa cinta yang besar terhadap dunia ini akan tergolong orang yang memiliki maksiat batin.
 
8. Takabbur
Sifat ini dimiliki oleh orang yang membesarkan dirinya atau menyombongkan dirinya. Sombong terhadap sesuatu yang padahal jika diketahui, semua hal yang kita miliki hanyalah pemberian dari Allah, yang mungkin jika Allah tak memberi, kita pun takkan memiliki. 
 
Maka janganlah sombong, sebab semua yang ada di dunia ini hanya bersifat sementara dan akan sirna. Dan Takabbur ini dinamakan maksiat batin.
 
 
9. Ujub
Ujub adalah orang yang terpesona oleh diri mereka sendiri, misal merasa diri banyak berbuat kebaikan dan kebajikan. Maka hal ini disebut maksiat batin.
 
10. Riya'
Riya' sudah pasti orang mempunyai sifat selalu ingin dilihat oleh orang lain saat berbuat kebaikan misalnya. Orang yang Riya' hanya berharap pengakuan dari manusia lain, melakukan ibadah bukan semata-mata karena Allah ta'ala.
 
Itulah beberapa maksiat batin yang tidaklah disukai oleh Allah, dan akan menghalangi terkabulnya doa-doa kita. 
 
Maka mari kita berbenah diri, bersihkan hati dari segala penyakit hati agar Amal ibadah kita diterima oleh Allah. Semoga bermanfaat.***

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maulid Nabi 2022 dan amalan-amalan beserta keutamaannya

Selasa, 27 September 2022 | 10:54 WIB

4 adab ketika berdoa sesuai ajaran Islam

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

Amalan Rebo Wekasan agar tidak kena sial dan menolak bala

Selasa, 20 September 2022 | 11:37 WIB
X