• Jumat, 19 Agustus 2022

Mie setan, mie iblis, halal atau tidak? Simak selengkapnya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:49 WIB
mie setan dan mie iblis. (Tangkapan layar YouTube Devina Hermawan)
mie setan dan mie iblis. (Tangkapan layar YouTube Devina Hermawan)
 
BICARABERITA - Kuliner yang pernah viral hingga banyak orang yang rela mengantri untuk membelinya. Sebut saja beberapa brand seperti warung jamban, mie Kober, mie gacoan, dan lain sebagainya.
 
Menu yang disediakan serta penampilan yang ekstrim apakah bisa dikatakan halal dalam kacamata Islam? Mari kita bahas disini.
 
Dikutip Bicara berita yang melansir dari akun Instagram @aishamaharani, menjelaskan tentang kehalalan makanan ini.
 
Dia memaparkan dalil yang menyatakan "Dia menghalalkan yang thayyibat untuk mereka, dan Dia mengharamkan al-Khabaits." (QS. Al-A'raf: 157).
 
Menyebut sesuatu yang Allah halalkan dengan menggunakan istilah sesuatu yang Allah benci, (seperti mie setan, mie iblis dan semisalnya).
 
 
Perbuatan semacam ini termasuk meremehkan aturan Allah dan tidak mengagungkan hukum-hukum-Nya. Dan ini bertentangan dengan sikap taqwa kepada Allah. (Fatwa islam, no.23475).
 
Artinya di sini nama merk/nama produk tidak boleh menggunakan nama yang mengarah pada sesuatu yang diharamkan atau ibadah yang tidak sesuai dengan syariat Islam.
 
Dari segi penamaan, produk yang tidak dapat disertifikasi adalah nama produk yang mengandung nama minuman keras, mengandung nama babi dan anjing, serta turunannya. Dan tidak boleh mengandung unsur nama seperti setan, iblis, yang dapat mengarah pada hal-hal yang menimbulkan kekufuran dan kebatilan.
 
 
Jadi, kesimpulan-nya walau makanannya halal tidak mengandung keharaman tapi jika penamaan makanannya mengarah ke sesuatu yang tidak baik maka makanan tersebut menjadi syubhat.
 
"Walau zat-nya halal, jadi haram karena penamaannya" tulis Aisha Maharani.
 
Terakhir yang ditulis oleh Aisha "Untuk konsumen, sebagai muslim selain wajib memperhatikan yang halal apa apa yang dikonsumsi, juga adab dalam makan.
 
Pilih makanan yang halal dan thayyib serta tidak menghinakan makanan yang akan dikonsumsi.
 
Jangan karena demi ikut trend tapi melupakan aturan Allah dan Rasul-Nya." Jelasnya.***

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X