• Jumat, 19 Agustus 2022

Hukum nifas menurut Islam, begini penjelasannya

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:58 WIB
Nifas adalah darah yang keluar dari rahim setelah perempuan melahirkan. Umumnya, nifas ini terjadi antara rentang waktu 40-42 hari.  (Shutterstock)
Nifas adalah darah yang keluar dari rahim setelah perempuan melahirkan. Umumnya, nifas ini terjadi antara rentang waktu 40-42 hari. (Shutterstock)

BICARABERITA – Nifas adalah darah yang keluar dari rahim setelah perempuan melahirkan. Umumnya, nifas ini terjadi antara rentang waktu 40-42 hari.

Nabi Muhamada SAW pun pernah mengatakan bahwa waktu nifas perempuan ini sekitar 40 hari.

Menurut abdul Qadir Muhammad Manshur dalam kitab Panduan Salat An-Nisaa menjelaskan, masa nifas terpanjang dan terpendek tidak ada pembatasan, hal tersebut tergantung pada kondisi perempuan tersebut.

Baca Juga: 4 cara simpel obati sariawan yang bisa dilakukan dari rumah

Adapun masa nifas terpanjang adalah 60 hari. Hal ini disebutkan oleh Imam Malik yang kemudian mengembalikannya kepada perempuan (karena perempuan yang merasakannya). Pendapat ini juga dianut oleh as-Syafi’i.

Banyak ulama yang memiliki pendapat berbeda tentang nifas ini karena perbedaan pengalaman dan kondisi setiap perempuan. Selain itu, tidak ada sunah yang pasti tentang masa nifas ini. Segalanya tergantung perempuan yang menjalaninya.***

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X