• Jumat, 19 Agustus 2022

Sistematika penafsiran kitab Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:44 WIB
Sistematika penafsiran kitab Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka. Tartib Usmani menjadi pilihan Buya Hamka dalam menyusun Tafsir Al-Azhar.
Sistematika penafsiran kitab Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka. Tartib Usmani menjadi pilihan Buya Hamka dalam menyusun Tafsir Al-Azhar.

BICARABERITA - Tartib Usmani menjadi pilihan Buya Hamka dalam menyusun Tafsir Al-Azhar karena dalam metode ini banyak mengandung materi tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an. 

Seperti: pengertian Al Qur’an, pembukuan Al Qur’an, pembagian ayat-ayat makiyyah-madaniyyah, ashabul nuzul, ijaz, dan lain lain.

Adapun sistematika penafsiran tersebut akan dijelaskan sebagai berikut, yaitu:

Baca Juga: Metode dan corak penafsiran kitab Al-Furqan Tafsir Qur’an

1. Menggunakan metode Tartib Usmani

Seperti yang sudah dijelaskan, Buya Hamka menggunakan tartib Ustmani atau metode tahlili yaitu menafsirkan ayat secara runtut berdasarkan penyusunan mushaf Ustmani dimulai dari surat Al-Fatihah sampai An-Nas.

2. Menyajikan pembahasan di awal dan motivasi di akhir ayat

Sebelum menafsirkan ayat, Buya Hamka mengumpulkan satu sampai lima ayat yang menurut beliau memiliki satu topik dalam pembahasan yang sama.

Bukan itu saja, diakhir ayat beliau juga memberikan pesan-pesan untuk pembaca agar bisa mengambil ibrah atau pelajaran dari ayat-ayat yang beliau tafsirkan.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X