• Jumat, 19 Agustus 2022

Metode dan corak penafsiran kitab Al-Furqan Tafsir Qur’an

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Metode dan corak penafsiran kitab Al-Furqan Tafsir Qur’an. Adspun metode tafsir yang dipakai Ahmad Hassan adalah terjemahan harfiyah.  (Pixabay.com/cahiwak )
Metode dan corak penafsiran kitab Al-Furqan Tafsir Qur’an. Adspun metode tafsir yang dipakai Ahmad Hassan adalah terjemahan harfiyah. (Pixabay.com/cahiwak )

BICARABERITA - Metode tafsir yang dipakai Ahmad Hassan adalah metode terjemahan harfiyah, yaitu metode yang menerjemahkan kata demi kata.

Namun ada beberapa kata yang diterjemahkan menggunakan maknawiyah, jika kata tersebut tidak memungkinkan untuk diterjemahkan menggunakan metode harfiyah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan sepenuhnya naunsa teks asli dalam terjemahnya.

Baca Juga: Surat Yusuf ayat 4, artinya bikin merinding

Jadi Ahmad Hasan berusaha untuk mengalihkan bahasa yang mengindifikasikan kepada tafsiran ayat dengan melakukan pemilihan kata yang lebih sesuai dan mengena, dengan tujuan menghasilkan makna yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Oleh karena itu, tafsir Al-Furqan lebih condong sebagai terjemah Al-Qur’an dengan dibubuhi catatan kaki.

Ahmad Hassan menggunakan metode ijmali (global), yaitu dimana beliau berupaya untuk menjelaskan makna ayat-ayat Al-Qur’an secara singkat dan padat, namun mencangkup (global).

Baca Juga: Intip peristiwa Bulan Muharram: berkaitan dengan hijrah Nabi Muhammad SAW

Sehingga dapat mudah dipahami oleh seluruh kalangan pembaca. Selain itu tafsir ini menggunakan metode tahlili atau analitis. Dalam metode ini mencangkup beberapa aspek dalam menafsirkan, yaitu:

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X