• Jumat, 19 Agustus 2022

Intip peristiwa Bulan Muharram: berkaitan dengan hijrah Nabi Muhammad SAW

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:14 WIB
Bulan Muharram. (pexels.com)
Bulan Muharram. (pexels.com)

BICARABERITA - Ada banyak perspektif hikmah yang bisa diambil dari Bulan Muharram. Bahkan banyak orang membicarakan Muharram identik dengan hijrah. 

Tapi ada satu yang sering diluputkan, bahwa Muharram adalah bulan dimana Nabi Muhammad Saw. dan para sahabatnya berjuang begitu keras menghadapi pemboikotan Kafir Quraisy.

Ini terjadi ketika Bani Hasyim dan Bani Muthalib yang mengharuskan umat Islam semua tinggal di lorong kota Mekah. 

Baca Juga: Inilah penyebab asam urat meningkat, simak penjelasan dr. Sung

Mereka tidak boleh berdagang dan melakukan muamalah dalam bentuk apapun. Sehingga saat itu dalam batin Nabi Muhammad SAW. tercetus untuk melakukan hijrah. 

Jika membicarakan tentang hijrah, banyak pula hikmah yang tersirat dan tersurat. Yang mana ada hubungannya juga tentang kemerdekaan. 

Hal tersebut sesuai dengan prinsip Nabi Muhammad Saw. bahwa ketika beliau berada di suatu tempat, beliau akan memberi sesuatu bukan mengambil apapun di tempat tersebut. 

Baca Juga: Pemutusan Hubungan Kerja besar-besaran dilakukan Oracle, ini yang dilakukan mantan karyawannya di media sosial

Terbukti ketika Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah ke Madinah, beliau membangun ketahanan sosial, pangan, ketahan ekonomi, pendidikan dan militer.

Halaman:

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X