• Jumat, 19 Agustus 2022

Simak 3 keutamaan Bulan Muharram: Allah memuliakan bulan ini!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:05 WIB
Amalan di bulan Muharram (pexels.com)
Amalan di bulan Muharram (pexels.com)

BICARABERITA -- Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan Hijriyah, yaitu: Muharram, Safar, Rabiul awal, Rabiul akhir, Jumadil ula, Jumadil akhir, Rajab, Sya’ban, Romadhon, Syawal, Dzulqa'dah, Dzulhijjah.

Setiap muslim wajib peduli terhadap bulan Hijriah, yang mana Allah juga memuliakan 4 bulan Hijriyah yaitu Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram.

Salah satu bulan yang paling dimuliakan Allah adalah Bulan Muharram. Bahkan dalam sabda Nabi Muhammad, disebutkan bahwa Bulan Muharram merupakan Bulannya Allah Swt.

Bulan Muharram terjadi setelah Nabi Muhammad Saw. diutus, 11 bulan lainnya sudah dikenal oleh orang jahiliyah.

Baca Juga: Pemutusan Hubungan Kerja besar-besaran dilakukan Oracle, ini yang dilakukan mantan karyawannya di media sosial

Sesuai dengan firman Allah pada surat At-Taubah ayat 36 yang artinya, “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Sesuai ayat di atas, Allah Swt. akan memuliakan 4 bulan suci. Salah satunya yaitu bulan Muharram dan akan melipatgandakan pahala orang yang berbuat kebaikan di bulan ini.

Ada beberapa keistimewaan pada Bulan Muharram ini:

Satu dari Empat Bulan yang Disucikan

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X