• Jumat, 19 Agustus 2022

Tafsir Q.S Yusuf ayat 4 menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:40 WIB
ilustrasi Tafsir Q.S Yusuf ayat 4 menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di. (https://unsplash.com/photos/9WvOybjpmJ8)
ilustrasi Tafsir Q.S Yusuf ayat 4 menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di. (https://unsplash.com/photos/9WvOybjpmJ8)
BICARABERITA-- Surat Yusuf merupakan surat ke-12 dalam Al-Qur'an dan termasuk surat makiyyah karena diturunkan dikota Mekkah.
 
Surat Yusuf terdiri dari 111 Ayat yang mengisahkan sejarah perjalanan hidup Nabi Yusuf AS.
 
Yang mana, dalam Surat Yusuf terkandung banyak hal yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan kita sehari-hari.
 
Seperti halnya sifat Nabi Yusuf yang penyabar, teguh, menyukai kebaikan, selalu mampu menahan amarah dan juga selalu mendoakan kebaikan bagi mereka yang zalim terhadapnya.
 
 
Tahukah kamu, bahwa dalam Surat Yusuf terdapat salah satu Ayat yang dapat membuat hubungan seseorang lebih harmonis?
 
Tidak hanya itu, ayat tersebut juga mengajarkan manusia dalam berikhtiar untuk mendapatkan jodoh.
 
Ayat tersebut merupakan ayat 4 dalam Surat Yusuf. Berikut bunyi Surat Yusuf Ayat 4 dan tafsirnya:
 
إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

Arab-Latin: Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn
 

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku".

Tafsir as-Sa'di -  pakar tafsir abad 14 H, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Ketahuilah bahwasannya Allah menyebutkan bahwa Dia menceritakan kisah terbaik dalam alqur’an kepada Rasul-Nya.
 
Kemudian Dia menyampaikan kisah ini merupakan kisah yang sempurna lengkap lagi baik.
 
Maka barangsiapa yang ingin menyempurnakannya atau membaguskannya dengan riwayat-riwayat israiliyyat yang tidak jelas sanad atau perawinya yang pada umumnya merupakan kedustaan.
 
 
Berarti ia telah berupaya mengetengahkan koreksian terhadap Allah, ia ingin menyempurnakan suatu bagian darinya yang dia klaim memiliki kekurangan.
 
Cukuplah buat anda untuk berhenti pada batas ini sebagai suatu kejelekan, karena tambah-tambahan pada detail cerita surat tersebut telah menyesaki kitab-kitab tafsir.
 
Berupa kedustaan-kedustaan dan perkara-perkara menjijikan yang banyak bertentangan dengan sesuatu yang difirmankan Allah.
 
Maka kewajiban seorang hamba adalah untuk memahami apa yang telah diceritakan oleh Allah dan menyingkirkan penjelasan lainnya, yang berupa bukan nukilan yang berasal dari Nabi.

Firman Allah “ingatlah ketika yusuf berkata kepada ayahnya ”ya’qub bin ishaq bin Ibrahim al Khalil “wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas buah bintang, matahari dan bulan aku melihat semuanya sujud kepadaku”.
 
 
Mimpi inilah yang menjadi permulaan ketinggian martabat yang direngkuh Nabi yusuf di dunia dan akhirat.
 
Demikianlah jika Allah menghendaki sesuatu yang luar biasa, maka Dia akan memberikan peristiwa pendahuluan sebagai sinyal pembuka dan untuk memuluskan prosesnya, serta sebagai tindakan antisipasi terhadap kesulitan kesulitan yang akan menghadang hambaNya itu serta sebagai bentuk kelembutan dan kebaikan Allah padanya. 
 
ya’qub menakwilkannya dengan penjelasan bahwa matahari adalah ibunya, bulan berarti ayahnya. sedangkan bintang-bintang merupakan cerminan saudara saudaranya. 
 
Berbagai fase kehidupan akan melewatinya, hingga berujung pada momentum saudara saudaranya tunduk dan bersujud kepadanya.
 
 
Sebagai cerminan penghormatan dan pengagungan kepadanya, peristiwa itu tidaklah terjadi melainkan dengan beberapa faktor pendahulu.
 
Berupa ketentuan seleksi dan pilihan dari Allah yang jatuh padanya (untuk menjadi Nabi) penyempurnaan nikmat-NYa, baginya dengan ilmu, amal dan kekuasaan di dunia. karunia itu akan menaungi semua anggota keluarga ya’qub yang nantinya akan bersujud kepadanya dan menjadi pengikutnya.
 
***

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Nasihat Emas dari Imam Syafi'i

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:39 WIB

Arti mimpi sepatu menandakan anda akan naik pangkat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:06 WIB
X