• Minggu, 22 Mei 2022

Bolehkah Mengulang Shalat yang Telah Dilaksanakan? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- Senin, 24 Januari 2022 | 08:22 WIB
Ada Sejumlah Amalan yang Harus Dilakukan Agar Mudah Bangun Malam untuk Shalat Tahajud. (Galamedia - Pikiran Rakyat)
Ada Sejumlah Amalan yang Harus Dilakukan Agar Mudah Bangun Malam untuk Shalat Tahajud. (Galamedia - Pikiran Rakyat)

BICARABERITA - Shalat merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam.

Ketika melaksanakannya, ada orang yang ragu bahkan tidak khusyu dalam shalatnya. Dilansir dari channel YouTube Ceramah Pendek, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan suatu kisah yang terjadi di zaman Nabi.

Dahulu di zaman Nabi, ada seseorang yang shalat di samping Nabi. Begitu selesai shalat, lalu ia mendatangi Nabi SAW dan mengucapkan salam. Nabi pun membalas salam orang tersebut. Namun, ia juga mengatakan bahwa orang tersebut harus shalat lagi karena dirinya belum shalat.

Baca Juga: Viral! Edy Mulyadi Menghina Masyarakat Kalimantan : Kalimantan Tempat Jin Membuang Anaknya

“Padahal, orang ini sudah shalat dari takbir sampai selesai salam. Lalu dia mengulang shalatnya sampai tiga kali. Sampai yang ketiga dia mengatakan pada Rasulullah. Ya Rasulullah saya nggak bisa lebih bagus dari apa yang saya kerjakan tadi, sampai sini kemampuan saya. Tolong ajarkan saya, bagaimana shalat yang benar,” jelas Ustadz Adi.

Nabi SAW pun mengajarkan dari mulai cara berwudhu. Seseorang yang melakukan wudhu secara cepat dan asal, maka akan berdampak pada shalatnya.

Baca Juga: Profil Perjalanan Puncak Karier Charlie Puth

Allah SWT telah menyatakan perintah shalat pada Al-Qur’an. Sedikit sindiran diberikan dengan kalimat “Akan ada orang shalat nanti, bahkan tidak mengerti apa yang ia ucapkan dan ia lakukan dalam shalatnya”.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah boleh untuk mengulang shalat. Apalagi jika sudah ragu dalam shalatnya dan mengetahui kesalahan yang diperbuat.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X