• Jumat, 19 Agustus 2022

Waspada, 17 daftar aplikasi berbahaya, dapat mencuri data akun perbankan anda di ponsel

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:40 WIB
17 Aplikasi bahaya yang tak boleh di-instal karena disusupi malware. /Instagram ccicpolri
17 Aplikasi bahaya yang tak boleh di-instal karena disusupi malware. /Instagram ccicpolri

BICARABERITA - Era modern berbasis digital tidak selamanya sempurna, tentu ada banyak oknum yang ingin menggunakan kecanggihan teknologi dengan membuat aplikasi sedemikian rupa untuk menipu masyarakat dengan modus aplikasi yang bisa di instal melalui play store.

Publik selalu percaya bahwa jika aplikasi yang di instal langsung dari play store merupakan aplikasi resmi.

Perlu diketahui ada aplikasi yang bisa diinstal melalui play store namun perlu mewaspadai , pasalanya ada beberapa aplikasi bisa mengancam akun perbankan kita atau mobile bangking kita.

Seperti dilansir BicaraBerita 06 Agustus 2022 di PRFMNEWS diinformasikan bahwa, ada 17 daftar aplikasi berbahaya yang di rilis oleh akun Instagram Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Baca Juga: Jangan lewatkan! Film Prey tayang Agustus 2022, inilah sinopsisnya

Diketahui bahwa 17 aplikasi tersebut telah disusupi malware berbahaya.

“Sebuah malware berbahaya ditemukan pada 17 aplikasi yang telah menyusupi perangkat pengguna dengan malware perbankan,” tulis akun Instagram ccicpolri seperti dikutip prfmnews.id pada Kamis, 4 Agustus 2022. Malware tersebut disusupi pada aplikasi produktivitas dan utilitas seperti pemindai dokumen, pembaca kode QR, layanan PVN, dan perekam panggilan. Malware tersebut dinamakan DawDropper.

DawDropper adalah aplikasi yang dirancang untuk menyelinap melewati pemeriksaan keamanan Google Play Store, setelah itu mereka digunakan untuk mengunduh malware yang lebih kuat dan mengganggu pada perangkat.

Kemudian, setelah aplikasi yang disusupi malware terinstall, pelaku cybercrime akan mencari kredensial penting yang dimiliki pengguna, utamanya kredensial pada akun mobile bangking.

Halaman:

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 karya Bj Habibie yang mendunia!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 06:46 WIB

Layanan streamin Disney+ akan naikkan biaya langganan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:41 WIB

Piala Presiden Esports 2022 telah resmi bergulir!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:29 WIB
X