• Senin, 29 November 2021

Jadi Tuan Rumah Turnamen Dunia Squash, Malaysia Tolak Masuk Tim Israel

- Kamis, 25 November 2021 | 14:57 WIB
Tim Squash Israel.  (Malaysia Mail)
Tim Squash Israel. (Malaysia Mail)

BICARABERITA - Menjadi tuan rumah turnamen dunia squash, pihak imigrasi Malaysia menolak kedatangan tim Israel masuk negaranya. Padahal turnamen tersebut akan berlangsung mulai 7-12 Desember 2021 mendatang di Kuala Lumpur.

Dilansir dari AFP, penolakan visa beberapa atlet dan official dari Israel tersebut karena Negeri Jiran dan Israel tak memiliki hubungan diplomatik. Kabar penolakan ini pun disampaikan langsung oleh Federasi Squash Dunia (WSF). Federasi juga turut menyampaikan keberatannya terkait kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah Malaysia.

Sekedar informasi, squash memang masih belum populer di Indonesia. Walaupun sama-sama menggunakan raket dan bola untuk memainkannya, namun olahraga satu ini berbeda dengan tenis lapangan atau badminton.

Baca Juga: 100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

Olahraga ini awalnya dimainkan pada 1800-an di Inggris. Kemudian semakin berkembang dan dikenal di berbagai negara jajahannya seperti Australia, Malaysia dan Hongkong. Organisasi pertama untuk olahraga ini pertama kali dibentuk oleh Amerika Serikat pada 1907 dengan nama United States Squash Association.

Sementara Neger Jiran merupakan negara di Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti Indonesia. Negara ini juga tak menjalin hubungan diplomatik dengan negara Israel.

WSF menyatakan sangat prihatin dengan tindakan yang dilakukan oleh otoritas Malaysia yang menolak visa rombongan squash putra Israel.

Baca Juga: Kapal Imigran Tenggelam di Selat Inggris, 31 Orang Tewas

“WSF berkomitmen kepada prinsip-prinsip turnamen dunia yang terbuka serta inklusif pada seluruh negara anggota yang mau berpartisipasi,” bunyi pernyataan WSF.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X