Dampak gempa bumi 6,4 magnitudo di Garut, BNPB: 4 Unit rumah hancur dan telah menelan korban jiwa

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:33 WIB
Efek getaran gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo di Garut yang terjadi pada 3 Desember 2022, sore hari tadi, telah menimbulkan beberapa rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut.
Efek getaran gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo di Garut yang terjadi pada 3 Desember 2022, sore hari tadi, telah menimbulkan beberapa rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut.

BICARABERITA – Efek getaran gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo di Garut yang terjadi pada 3 Desember 2022, sore hari tadi, telah menimbulkan beberapa rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut.

Menurut keterangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yakni Letjen Suharyanto membeberkan bahwa gempa yang berpusat di daratan wilayah Mekarmukti, Garut, dengan kedalaman 109 km dirasakan juga sampai daerah-daerah selatan Jawa.

“Dirasakan cukup kuat dalam 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bandung,” ujarnya saat berada di Posko Gempa Cianjur.

Baca Juga: Info gempa terkini, BMKG: Gempa susulan di Garut dan Cianjur

Berdasarkan himpunan catatan yang telah dikumpulkan sementara oleh BNPB dibantu oleh Pusat Pengendali dan Operasi telah terdapat sebanyak empat rumah yang rusak dan satu unit sekolah yang mengalami kerusakan.

Lebih lanjut dalam laporannya sudah ada korban jiwa yang terdampak dari goyangan yang diakibatkan pergeseran lempeng Indo-Australia tersebut.

Satu korban tersebut berasal dari warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut yang mengalami luka cukup parah dan sudah dilarikan ke puskesmas.

Baca Juga: Update info gempa yang mengguncang di Garut, Ridwan Kamil: Hati-hati dengan video dan foto hoax

“Untuk sementara (laporan) yang diterima adalah empat unit rumah rusak di Kabupaten Garut, dan satu unit sekolah SDN Jatiwangi juga rusak. Ada satu korban jiwa mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas setempat,” ungkap Letjen TNI Suharyanto.

Halaman:

Editor: Shahnaz Adela

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X