• Sabtu, 26 November 2022

Kapasitas terpasang industri kertas 18,26 juta ton per tahun, Indonesia masuk urutan ke-6 dunia

- Jumat, 25 November 2022 | 12:05 WIB
Kemenperin Apresiasi Industri Kertas Taat Jalankan Protokol Kesehatan
Kemenperin Apresiasi Industri Kertas Taat Jalankan Protokol Kesehatan

BICARA BERITA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan industri pulp dan kertas agar mampu bersaing ditingkat global.

Dengan ketersediaan bahan baku industri pulp dan kertas di dalam negeri berpotensi meningkatkan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.

Baca Juga: Pameran Internasional tingkatkan transaksi IKM, penjualan melebihi Rp863 juta

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika di Jakarta pada 25 November 2022 mengatakan kapasitas terpasang industri pulp nasional sebesar 12,13 juta ton per tahun.

Hal tersebut membawa Indonesia menempati peringkat kedelapan dunia. Sementara industri kertas dengan kapasitas terpasang sebesar 18,26 juta ton per tahun. Menempatkan Indonesia berada di peringkat keenam dunia.

Tercatat ada 111 perusahaan industri pulp dan kertas di tanah air. Sektor tersebut telah menyerap tenaga kerja langsung lebih dari 161 ribu orang serta tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Baca Juga: Raksasa otomotif Italia bangun pabrik di Cikarang, produksi awal 10.000 unit per tahun

"Selama 2021, kinerja ekspor industri pulp dan kertas mencatatkan nilai sebesar USD7,5 miliar atau berkontribusi 6,22 persen terhadap ekspor nonmigas, yang juga setara menyumbang 3,84 persen terhadap PDB industri pengolahan nonmigas," kata Dirjen Industri Agro.

Menurut Putu, bisnis di industri pulp dan kertas saat ini masih prospektif karena permintaannya masih cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X