• Sabtu, 26 November 2022

Jusuf Kalla soal politik identitas: Saya, Jokowi, Pak SBY ke pesantren

- Jumat, 25 November 2022 | 10:27 WIB
Ketua Dewan Etik Korps Alumni HMI (KAHMI) Jusuf Kalla. (Fauzi Lamboka)
Ketua Dewan Etik Korps Alumni HMI (KAHMI) Jusuf Kalla. (Fauzi Lamboka)

BICARA BERITA - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla memberikan pandangannya terkait politik identitas yang menurutnya berkaitan dengan calon presiden dan partai politik.

Dalam sesi perbincangannya bersama pengamat politik Rocky Gerung, Jusuf Kalla juga menggambarkan secara umum identitas menjadi hal yang dicari oleh calon pemimpin atau presiden dan partai politik.

Baca Juga: Putin dan Parlemen larang LGBT di Rusia, dan mengenakan sanksi denda setara Rp2,5 miliar bagi pelakunya

Sebab itu dalam pandangannya menanggapi adanya pihak yang menarasikan jangan mengaitkan identitas dalam politik, justru pihak yang mengatakan itu termasuk bagian dari yang mencari identitas, baik calon maupun partai politik.

Salah satu contoh nyata yang diungkapnya soal identitas dalam politik ini dapat terlihat ketika para calon pemimpin yang berkunjung ke pesantren-pesantren hingga bertemu dengan para Kyai.

"Contohnya gini, lihat aja semua calon presiden itu atau calon-calon presiden, kalau mau jadi calon, mau kampanye, kemana dia pergi pertama?" ujar Jusuf Kalla seperti dalam kanal YouTube RGTV.

"Ke pesantren. Bertemu Kyai, siapapun," tuturnya.

Kunjungan yang dilakukan ke berbagai pesantren di berbagai tempat di Indonesia itu, dikatakan JK, menjadi gambaran umum bahwa para calon tersebut ingin memiliki identitas yang dekat dengan Islam secara baik.

Baca Juga: Hangatnya pengantin baru, Glenca Chysara dan Rendi John honeymoon usai menggelar pernikahan

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X