• Jumat, 19 Agustus 2022

Kasus stupa Candi dijadikan meme, Roy Suryo resmi ditahan

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:26 WIB
Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ini resmi menjadi tahanan Polisi, terkait stupa Candi Borobudur sebagai meme Jokowi.  (IST)
Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ini resmi menjadi tahanan Polisi, terkait stupa Candi Borobudur sebagai meme Jokowi. (IST)

BICARABERITA - Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ini resmi menjadi tahanan Polisi.

Penahanan ini terkait dengan tindakan Roy Suryo yang menjadikan stupa Candi Borobudur sebagai meme yang mirip wajah Presiden Jokowi.

Tindakan Roy Suryo ini dianggap sebagai ujaran kebencian dan penistaan agama.

Baca Juga: 3 Faktor penyebab Bipolar Disorder, genetika salah satunya

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan penahanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

"Hal ini (penahanan) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan (Roy Suryo) akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP," lanjut Zulpan.

Polisi juga menyita akun Twitter dan ponsel milik Roy Suryo serta ponsel milik saksi.

Baca Juga: Polda Metro Jaya resmi menahan Roy Suryo selama 20 hari ke depan, ini alasannya

"Kemudian beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini oleh penyidik terkait dengan tindak pidana ini di antaranya adalah akun Twitter Saudara Roy Suryo yang mana akun Twitter ini juga digunakan untuk mengunggah yang menjadi persoalan pidana," ucap Zulpan.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X