• Jumat, 19 Agustus 2022

Apa jadinya jika Indonesia tidak pernah dijajah? Kemungkinan hal inilah yang akan terjadi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:46 WIB
Ilustrasi jika Indonesia tidak dijajah
Ilustrasi jika Indonesia tidak dijajah

BICARA BERITA - Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Tinggal menghitung hari kita akan memperingati Hari kemerdekaan indonesia, yakni 17 Agustus.

Dikutip Bicara Berita yang melansir dari kanal YouTube Kok Bisa? Pada 18 Agustus 2018, Menceritakan sejarah Indonesia dan apa jadinya jika indonesia tidak pernah dijajah.

Negara kita punya sejarah panjang untuk bisa lepas dari penjajahan, dari mulai Portugis masuk ke nusantara lalu Belanda datang dan menjajah kita, setelah itu inggris sampai belanda kembali lagi, lalu muncul Jepang hingga pada akhirnya kita merdeka.

Baca Juga: Link Live Streaming Fulham vs Liverpool Malam Ini Jam 18.30 WIB, The Reds Siap Balaskan Kekalahan Terakhir

Sejarah bisa diandaikan tapi coba kita pikirkan apa jadinya jika kita Indonesia tidak pernah dijajah. Jika itu terjadi, di kawasan Indonesia sekarang kemungkinan besar berisi kerajaan-kerajaan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Mungkin nama Indonesia dan segala simbol-simbol negara kita dari mulai bendera merah putih, bahasa Indonesia, mata uang Rupiah, sampai Garuda Pancasila tidak akan pernah ada.

Bagaimana bisa begitu? Jadi dari mulai ribuan tahun lalu, peradaban diperkirakan sudah muncul di nusantara dan sejak itulah mereka pun membuat kerajaan masing-masing. Lalu seiring berjalannya waktu mereka saling serang dan saling menguasai, sampai kerajaan-kerajaan pun silih berganti.

Baca Juga: Puncaki Chat Billboard twitter, Lisa Blackpink cetak sejarah baru

Jika belanda tidak pernah datang untuk menjajah, barangkali kerajaan-kerajaan yang ada pada waktu itu masih berdiri dan akan terus ada sampai saat ini.

Mungkin di zaman modern kerajaan-kerajaan ini bakal jadi negara seperti Thailand, Jepang, dan juga Liechtenstein.

Halaman:

Editor: Shahnaz Adela

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X