• Jumat, 19 Agustus 2022

Cacar Monyet jadi darurat global, begini cara penularan dan penyembuhannya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:47 WIB
Ilustrasi. Cacar Monyet diduga masuk Jawa Tengah (dinkes.kulonprogo.go.id)
Ilustrasi. Cacar Monyet diduga masuk Jawa Tengah (dinkes.kulonprogo.go.id)

BICARABERITA - Seorang warga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang suspek cacar monyet atau monkeypox saat ini sedang dalam pantauan Dinas Kesehatan setempat.

Penjelasan itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai menerima Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidronal) Laksamana Madya Nurhidayat, di kantornya, Rabu, 3 Agustus 2022.

Jadi bagaimana sebenarnya penularan cacar monyet? Apakah kita bisa tertular? Inilah penjelasan yang baru diketahui sejauh ini.

Cacar monyet menyebabkan gatal-gatal di kulit yang kemudian membengkak dengan cairan di dalamnya. Penampakan luka di kulit mirip cacar air, namun lebih besar.

Baca Juga: 5 Ayat Al-Qur'an yang menjadi motivasi dalam kehidupan

Pada awalnya akan bermula dari bagian kepala atau bagian leher, kemudian menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Jumlah bercak atau luka di tubuh bisa ada beberapa, tapi juga dapat ditemukan untuk kasus yang sangat parah.

Bagaimana cara penularannya? Virus ini menyebar lewat kontak dekat. Lembaga kesehatan PB, WHO mengatakan di luar benua Afrika, 99 persen kasus cacar monyet yang dilaporkan terjadi di kalangan pria.

Dari jumlah tersebut, 98 persen dialami oleh para pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria lainnya. Kontak fisik dengan mereka yang terkena virus menjadi cara yang paling efektif dalam mencegah penularan hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X