• Minggu, 22 Mei 2022

Bentrokan di Maluku Berujung Maut, Siap Berdamai dengan Syarat..

- Kamis, 27 Januari 2022 | 09:14 WIB
Konflik antardesa di Provinsi Maluku pecah pada Selasa, 25 Januari 2022 malam. (Istimewa)
Konflik antardesa di Provinsi Maluku pecah pada Selasa, 25 Januari 2022 malam. (Istimewa)

BICARABERITA - Warga Desa Ori, Pulau Haruku, Maluku Tengah dan warga Desa Kariuw sepakat berdamai, namun dengan syarat masalah tapal batas diselesaikan lebih dahulu.

Hal itu disampaikan oleh warga usai Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif dan Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold Ritiauw berjumpa dengan warga yang terlibat dalam bentrokan di Maluku Tengah itu pada, Rabu 26 Januari 2022, malam.

Pertemuan tersebut juga melibatkan sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dari kedua desa, Bupati Maluku Tengah, Kapolresta Ambon dan Dandim, Dansat Brimob Karo Ops, Kabid Humas dan Camat Haruku yang berlangsung di rumah Raja Negeri Pelauw pada, Rabu 26 Januari 2022, malam.

Baca Juga: Heboh, Dugaan Kasus Bunuh Diri Seorang Remaja di Jembatan Liliba, Ini Faktanya

"Tadi malam bapak Kapolda bersama Danrem, dan beberapa pejabat Korem dan Polda sudah tiba di Pulau Haruku. Saat ini juga sedang berlangsung pertemuan dengan tokoh masyarakat dari desa Pelauw dan Ori. Pertemuan dilakukan untuk mencari solusi penyelesaiannya," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat lewat pernyataan resmi, Kamis 27 Januari.

Ohoirat menuturkan warga Pelauw dan Ori sepakat berdamai. Namun mereka menegaskan agar sumber masalah yang selama ini kerap terjadi soal batas tanah bisa diselesaikan lebih dulu.

"Sehingga ada kepastian baik itu melalui sidang adat maupun melalui sidang pengadilan umum, itu harapan dari masyarakat tadi," tutur Ohoirat.

Baca Juga: Sampai Mana Laporan Ubedilah Badrun ke KPK Soal Es Doger Gibran Rakabuming Disuntik Modal Rp7,1 Miliar?

Rum menambahkan, masyarakat juga mengharapkan agar kepolisian mendirikan pos pengamanan permanen di perbatasan desa.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Bogor Berubah, Begini Penjelasan KAI

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:01 WIB
X