• Minggu, 22 Mei 2022

76 Tahun Dikuasai Singapura, Akhirnya Jokowi  Ambil Alih Ruang Kendali Udara Natuna

- Selasa, 25 Januari 2022 | 18:43 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong, di The Sanchaya Resort Bintan, Kepri, Selasa 25 Januari 2022 (Muchlis Jr)
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong, di The Sanchaya Resort Bintan, Kepri, Selasa 25 Januari 2022 (Muchlis Jr)

BICARABERITA- Selasa 25 Januari 2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,  mengukir  sejara di mata dunia dengan mengambil alih Ruang Kendali Udara Natuna dari tangan Singapura.

Pasalnya, usaha mengambil alih Ruang Kendali Udara di Natuna dan Riau sudah digemparkan pada tahun 1993, saat indonesia dipimpin presiden Soeharto.

Baca Juga: Kronologi Bentroknya Kelompok Pelau dan Ortega di Sorong Papua, Mahasiswa UMS Tewas

Pada waktu itu, Indonesia berusaha meyakinkan ICAO di Bangkok untuk bisa mengendalikan Ruang Kendali Udara Natuna dan Riau namun gagal lantaran kekurangan sarana dan infrastrukturnya.

Singapura sendiri sudah mengendalikan Ruang Kendali Udara  Natuna sejak 1946. Hal itu dikarenakan Singapura memiliki infrastruktur yang lengkap dan memadai.

Baca Juga: Kasus Pengeroyokan Pengemudi Lansia, Kuasa Hukum: Ini Rekayasa, Korban Ada Masalah Tanah dengan Seseorang

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa selama penandatangan Ruang Kendali Udara Natuna ini, maka ruang linkup Kendali Udara di Jakarta akan melingkupi seluruh tutorial Indonesia terutama Natuna dan Riau.

“sejak penandatangan  Ruang Kendali Udara di Natuna ini, maka ruang linkup Kendali Udara di Jakarta akan melingkupi seluruh tutorial Indonesia terutama Natuna dan Riau.” Pungkas Joko Widodo dalam konfrensi pers, Selasa (25/01/22).

Baca Juga: Livery Terbaru Dipamerkan Tim WithU RNF Racing Yamaha Jelang MotoGP 2022

Halaman:

Editor: Yanuarius Edison Janur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Bogor Berubah, Begini Penjelasan KAI

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:01 WIB
X