• Selasa, 6 Desember 2022

Mengenal Hepatitis B serta cara mengatasinya

- Kamis, 24 November 2022 | 20:04 WIB
Ciri Hepatitis B (pixabay/mohamed_hassan )
Ciri Hepatitis B (pixabay/mohamed_hassan )

BICARABREITA -- Nama penyakit hepatitis b tentu sudah tidak asing lagi untuk didengar. Hepatitis b adalah penyakit yang menyerang fungsi hati. Penyakit ini tidak menular melalui udara, namun penularan hepatitis b yaitu melalui kontak fisik langsung dan cairan yang berasal dari dalam tubuh.

Apabila Anda sedang mengalami hepatitis b ataupun merasa telah melakukan kontak fisik dengan penderita hepatitis b, Anda dapat berkonsultasi dengan cara chat dokter gratis.

Hepatitis b bukan hanya sekedar penyakit hati semata. Berikut kami rangkum ulasan mengenai hepatitis b serta cara penyembuhannya.

Baca Juga: Wajib tahu! Sejarah Hari Jumat yang diIstimewakan dalam Islam: Hari libur resmi negara Islam

Pengertian hepatitis B

Hepatitis b merupakan penyakit hati yang berasal dari virus hepatitis b atau bisa juga disebut dengan VHB.

Penyakit ini dapat menular melalui kontak fisik secara langsung. Ada 2 jenis hepatitis b yang dapat menyerang kita, yaitu hepatitis b akut dan hepatitis b kronis.

Berikut akan dijelaskan mengenai perbedaan hepatitis b akut dan kronis.

  • Hepatitis b akut 
    Hepatitis b akut merupakan penyakit hepatitis b yang bersifat sementara yaitu selama 6 bulan sejak pertama kali terserang VHB. Pada waktu 6 bulan tersebut, tubuh Anda bisa saja memulihkan virus yang sempat bersarang di dalam tubuh Anda. Namun, dalam kondisi tertentu VHB dapat menjadi penyakit kronis bagi seseorang.
  • Hepatitis b kronis 
    Hepatitis b kronis terjadi apabila virus bersarang pada tubuh Anda selama lebih dari 6 bulan. Hal ini disebabkan oleh tubuh Anda yang tidak mampu mengusir virus yang bersarang. Dalam beberapa kasus, hepatitis b dapat menjadi penyakit serius yang juga menyerang bagian organ tubuh yang lain.

Baca Juga: 39 Orang dinyatakan hilang dalam gempa Cianjur, 6 ribu Tim SAR gabungan dikerahkan BNPB

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X