BPOM umumkan 133 daftar obat sirup yang aman dikonsumsi anak

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:52 WIB
Resmi !BPOM RI Menyatakan Obat Sirup Ini Bebas Cemaran Etilen Glikol dan Dietelin Glikol dan Aman Dikonsumsi. (frolicsomepl/pixabay)
Resmi !BPOM RI Menyatakan Obat Sirup Ini Bebas Cemaran Etilen Glikol dan Dietelin Glikol dan Aman Dikonsumsi. (frolicsomepl/pixabay)

BICARABERITABPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) akhirnya memberikan informasi terbaru terkait temuan obat sirup yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Sebelumnya, BPOM telah mengumumkan obat-obat sirup anak yang dinilai berbahanya.

BPOM juga meminta kepada orang tua untuk selalu waspada dalam memilih obat untuk anak. BPOM juga memberikan saran supaya mendatangi balai pengobatan bila anak sakit.

Baca Juga: Siapa nih yang mau kerja dibalik layar? TRANS 7 buka lowongan nih, ayo buruan!

Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan hasil penelusuran data registrasi terbaru tentang obat sirup dan drops untuk anak.

"Ini penelusuran yang kami lakukan dari mulai awal, ada 133 sirup obat terdaftar di BPOM tidak menggunakan empat pelarut Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan/atau Gliserin/Gliserol," jelas Penny di Kantor BPOM dilansir dari pmjnews.com, Minggu (23/10/2022).

Cemaran EG dan DEG berasal dari 4 bahan, yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol dan gliserin/gliserol. Walaupun begitu, ke empat bahan itersebut tidak dilarang.

"Keempat bahan tersebut, sebenarnya bukan merupakan bahan yang berbahaya atau pun dilarang penggunaannya dalam pembuatan obat sirup," ujarnya.

Selain itu, BPOM menemukan 13 obat yang aman melalui metode lain. Kemudian, dengan adanya data dari Kemenkes, yaitu 102 produk, ada 23 produk yang aman karena tidak menggunakan 4 bahan tersebut.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Alami Mengatasi Hipertensi Selain Berolahraga

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:13 WIB

Berikut ciri-ciri ginjal kamu sedang tidak sehat!

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:29 WIB
X