• Jumat, 19 Agustus 2022

5 Fase penyintas bipolar disorder dari yang normal, ringan hingga berat

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:04 WIB
Menurut National Institute of Mental Health (NIMH), penyintas bipolar disorder mengalami keadaan emosional. Ada lima fase penyintas bipolar.  (Pixabay/engin_akyurt)
Menurut National Institute of Mental Health (NIMH), penyintas bipolar disorder mengalami keadaan emosional. Ada lima fase penyintas bipolar. (Pixabay/engin_akyurt)

BICARABERITA - Menurut National Institute of Mental Health (NIMH), penyintas bipolar disorder mengalami keadaan emosional yang sangat intens yang terjadi dalam fase berbeda yang disebut dengan mood episodes atau episode suasana hati.

Dikutip dari American Psychiatric Association (APA), Depression and Bipolar Support Alliance (DBSA), dan National Alliance on Mental Illness (NAMI) pada 6 Agustus 2022, Bipolar disorder memiliki lima fase dari normal, ringan hingga berat.

Fase bipolar disorder diantaranya yaitu, fase manik, fase hipomanik, fase normal, fase depresi ringan, dan fase depresi berat.

Baca Juga: Resep Nagasari, mudah dan praktis dilakukan di rumah!

Fase depresi ringan

Biasanya pada fase ini gejalanya tidak cukup parah sehingga tidak menyebabkan gangguan serius pada fungsi sosial seperti pekerjaan dan pendidikan, serta tidak melakukan upaya bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Fase depresi berat

Pada fase ini gejalanya seperti suasana hati yang menurut, rasa khawatir, nafsu makan turun, tidur dalam waktu lama, pesimis, merasa putus asa, tidak percaya diri, tidur tidak nyenyak, sulit membuat keputusan, menarik diri dari sosial masyarakat, dan berpikir tentang kematian atau bunuh diri.

Fase maniak

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu penyakit kusta? Ini penjelasannya

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:59 WIB
X