Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei deklarasikan kebaya, Indonesia akan lakukan hal ini!

- Rabu, 30 November 2022 | 21:05 WIB
Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei bergabung mendeklarasikan kebaya untuk diakukan ke IGC UNESCO.
Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei bergabung mendeklarasikan kebaya untuk diakukan ke IGC UNESCO.

BICARABERITA – Pada 23 November 2022, keempat negara serumpun yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei bergabung dan sama-sama atau joint-nomination untuk mendeklarasikan kebaya untuk diakukan ke IGC UNESCO.

Akan tetapi, Indonesia justru memilih untuk menemupuh prosedur single nomination, atau mengusulkan kebaya seorang diri tanpa melibatkan negara-negara lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berupaya mendorong dan mengguatkan keputusan pemerintal yang telah disepakati untuk mengusulan kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Unesco melalui mekanisme “single nomination”. 

Baca Juga: Terancam hukuman mati akibat racuni satu keluarga, inilah sosok pelakunya

Hal ini dikutip dari siara resmi hasil rapat yang dilakukan antara Komisi X DPR RI, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Deputi Bidang Koordinasinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK ri, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, dan Komunitas Kebaya.

“Jadi kebaya tidak lagi kita perlu perdebatkan. Ini tentunya budaya luhur milik anak bangsa dan telah diputuskan untuk menjadi single nomination,” kata Sandiaga.

Awalnya, UNESCO menyoroti Indonesia terkait pengajuan kebaya sebagai Warisan Tak Benda yang berbeda dengan mekanisme dari negara lain.

Baca Juga: Cara membuat perkedel kentang super duper gampang

“Dan tentunya kita akan mendorong dan menguatkan agar kebaya diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia untuk kemajuan pergerakan ekonomi, dan juga terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat kita dalam meningkatkan taraf hidupnya,” ucap Sandiaga lagi.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X