• Selasa, 6 Desember 2022

Rusia dan Ukraina mengadakan pertukaran 300 tahanan, ini alasannya...

- Kamis, 22 September 2022 | 11:03 WIB
Rusia dan Ukraina mengadakan pertukaran 300 tahanan, ini alasannya... (Devie)
Rusia dan Ukraina mengadakan pertukaran 300 tahanan, ini alasannya... (Devie)

BICARABERITARusia dan Ukraina telah melakukan pertukaran tahanan kejutan yang melibatkan hampir 300 orang, terbesar sejak invasi Moskow dimulai hampir tujuh bulan lalu.

Mereka yang dibebaskan termasuk tawanan perang dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Maroko, beberapa di antaranya telah dijatuhi hukuman mati setelah ditangkap di Ukraina dan dituduh sebagai tentara bayaran.

Rusia juga membebaskan sekitar 215 warga Ukraina, termasuk lima komandan yang memimpin pertahanan Ukraina yang berkepanjangan di kota pelabuhan selatan Mariupol awal tahun ini.

Baca Juga: Video seorang pria lansia menghitung penghasilan hariannya, membuat netizen emosional

Sebagai gantinya, Ukraina mengirim kembali 55 orang Rusia dan Ukraina pro-Moskow dan Viktor Medvedchuk, pemimpin partai pro-Rusia terlarang yang menghadapi tuduhan pengkhianatan.

Kesepakatan itu, yang dicapai dengan bantuan Arab Saudi dan Turki, telah dipersiapkan untuk beberapa waktu dan melibatkan tawar-menawar yang intens.

“Ini jelas merupakan kemenangan bagi negara kita, bagi seluruh masyarakat kita. Dan hal utama adalah bahwa 215 keluarga dapat melihat orang yang mereka cintai aman dan di rumah,” kata Zelenskyy dalam pidato video di mana dia juga berterima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas bantuannya.

Baca Juga: 'Kiamat ekonomi', inilah keruntuhan pasar saham terbesar di dunia pada abad ke-20


“Kami mengingat semua orang kami dan mencoba menyelamatkan setiap warga Ukraina. Inilah arti Ukraina, esensi kita, inilah yang membedakan kita dari musuh.”

Halaman:

Editor: Devie

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi unik 'Telepon Angin' di Kota Otsuchi Jepang

Selasa, 29 November 2022 | 09:24 WIB
X