• Jumat, 30 September 2022

Menyedihkan, lebih dari 100.000 orang di Meksiko dilaporkan hilang tanpa sebab

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:24 WIB
Lebih dari 100.000 orang di Meksiko dilaporkan hilang, berdasarkan data dari Daftar Orang Hilang Nasional Kementerian Dalam Negeri.  (New York Post)
Lebih dari 100.000 orang di Meksiko dilaporkan hilang, berdasarkan data dari Daftar Orang Hilang Nasional Kementerian Dalam Negeri. (New York Post)

BICARABERITA - Lebih dari 100.000 orang di Meksiko dilaporkan hilang, berdasarkan data dari Daftar Orang Hilang Nasional Kementerian Dalam Negeri telah mengungkapkan, mendorong kepala hak asasi PBB untuk menyebutnya "tragedi dengan proporsi yang sangat besar."

Menurut data, negara ini memiliki lebih dari 100.023 orang hilang dari tahun 1964 hingga hari ini, di mana lebih dari 24.700 adalah perempuan, dan lebih dari 74.700 adalah laki-laki.

Jenis kelamin 516 orang tidak diketahui. Angka tersebut telah meningkat lebih dari 20.000 orang dalam dua tahun terakhir saja, data menunjukkan.

Baca Juga: Cek fakta: Penyanyi kondang nan tampan dari India dituduh lakukan rudapaksa di Mumbai

Hanya 35 dari penghilangan yang tercatat telah menyebabkan pelaku dihukum, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa.

"Tidak ada upaya yang harus dilakukan untuk mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran yang luar biasa luasnya ini, dan untuk membela hak korban atas kebenaran, keadilan, reparasi dan jaminan tidak akan terulangnya kembali," kata Bachelet.

Komite PBB pada bulan April telah memperingatkan bahwa Meksiko sedang menghadapi “tren yang mengkhawatirkan dari meningkatnya penghilangan paksa.”

Baca Juga: Resep getuk lindri, cocok jadikan hidangan keluarga!

Kelompok kejahatan terorganisir terutama bertanggung jawab atas penghilangan ini, "dengan berbagai tingkat partisipasi, persetujuan atau kelalaian oleh pegawai negeri," katanya.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X