• Jumat, 30 September 2022

Indonesia jadi ketua komite ASEAN di Beijing

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:51 WIB
Dipimpin Dubes Fadjroel Rahman, KBRI Nur-Sultan menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan ke-37 Komite ASEAN Nur-Sultan. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Duta Republik Indonesia pada hari Rabu, 30 Maret 2022, pukul 11.00 hingga 13.00 waktu setempat.  (KBRI Kazakhtan)
Dipimpin Dubes Fadjroel Rahman, KBRI Nur-Sultan menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan ke-37 Komite ASEAN Nur-Sultan. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Duta Republik Indonesia pada hari Rabu, 30 Maret 2022, pukul 11.00 hingga 13.00 waktu setempat. (KBRI Kazakhtan)

BICARABERITA - Indonesia mendapatkan giliran menjadi ketua Komite ASEAN di Beijing (ASEAN Committee in Beijing/ACB) untuk periode enam bulan ke depan.

Penetapan ketua ACB tersebut dilangsungkan melalui upacara peringatan 55 tahun berdirinya ASEAN di halaman Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Senin (8/8).

Baca Juga: Tersangka penembakan Brigadir J terancam hukuman mati

"Ketika ASEAN didirikan pada Agustus 1967, hanya sedikit asosiasi baru pada saat itu yang akan mampu berumur panjang dan produktif," ungkap Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dalam sambutan upacara Hari ASEAN di KBRI Beijing itu.

“Selama delapan tahun pertama, ASEAN hanya mengalami sedikit kemajuan,” lanjutnya.

Upacara peringatan Hari ASEAN di KBRI Beijing diisi dengan pengibaran bendera ASEAN oleh paskibra dan mengheningkan cipta untuk Dubes Myanmar untuk China U Myo Thant Pe yang meninggal dunia saat melakukan kunjungan ke Provinsi Yunnan pada Minggu (7/8).

Baca Juga: Jokowi perintahkan BMKG identifikasi risiko iklim secara menyeluruh

Selain para dubes dari negara-negara ASEAN, upacara di KBRI Beijing tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Deng Li.


Selesai upacara, Dubes Djauhari dan istri Sih Elsiwi Oratmangun menjamu para tamunya tersebut untuk makan siang bersama di Wisma Duta KBRI Beijing.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X