• Minggu, 22 Mei 2022

Dihantam Tsunami, Raja Tonga Dievakuasi oleh Pasukan

- Minggu, 16 Januari 2022 | 11:10 WIB
Tsunami Tonga, sang raja Tupou VI ikut dievakuasi.  (Istimewa)
Tsunami Tonga, sang raja Tupou VI ikut dievakuasi. (Istimewa)

BICARABERITA - Gelombang tsunami menghantam Tonga, negara di kawasan Pasifik, setelah gunung api bawah laut meletus. Akibatnya, Raja Tonga Tupou VI pun harus dievakuasi. Mengutip NZ Herald, rekaman video memperlihatkan gelombang menyapu rumah warga hingga gereja. Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa.

Island Business melaporkan, Raja Tonga Tupou VI telah dievakuasi dari Kerajaan setelah tsunami membanjiri wilayah ibu kota Nuku’olafa pada, Sabtu 15 Januari 2022.

Barisan polisi dan tentara terlihat mengevakuasi Raja menuju sebuah vila di Mata Ki Eua di saat warga mengevakuasi diri ke wilayah yang lebih tinggi.

Baca Juga: Kasus Video Viral Mirip Nagita Slavina 61 Detik Telah Dilaporkan ke Polisi, Begini Katanya! 

Gelombang yang diakibatkan oleh gunung berapi membanjiri ibukota, halaman istana hingga jalan utama. Tsunami tersebut adalah dampak lanjutan dari letusan Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, setelah sebelumnya abu dan gas menyembur hingga 17 kilometer ke udara. Abu vulkanik pun dikabarkan mencapai ibu kota Tonga.

Otoritas setempat telah menghimbau penduduk agar mengevakuasi diri menuju tempat yang lebih tinggi. Selain itu sirine juga terus berbunyi di Nukualofa.

Finau Fonua dan RNZ Pacific menyampaikan, Tonga kini dalam kondisi gelap, hujan abu dan warga bisa melihat kilat di langit yang tertutup abu.

Baca Juga: Profil Lengkap Lee Jeong Hoon: Usia, Agama, Akun IG Artis Asal Korea Selatan Mantan Personel Boyband

Sebelumnya, peringatan dini tsunami dikeluarkan untuk kawasan Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Pasifik. Warga yang bermukim di dataran rendah diperingatkan untuk segera pindah ke wilayah yang lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Negara Asal Penyakit Cacar Monyet

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:33 WIB

Penyakit Cacar Monyet Telah Menyebar di Eropa

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:12 WIB

Negara Asal Penyakit Cacar Monyet

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:24 WIB

Sri Lanka Putuskan Sekolah Ditutup

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:47 WIB

Krisis BBM Sri Lanka, Penyebab Sekolah Tutup

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:46 WIB
X