• Kamis, 27 Januari 2022

Pendiri Off-White, Virgil Abloh Meninggal Dunia karena Kanker Langka

- Senin, 29 November 2021 | 11:58 WIB
Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh.  (Instagram/@virgilabloh)
Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh. (Instagram/@virgilabloh)

BICARABERITA - Desainer ternama Virgil Abloh tutup usia akibat kanker pada Minggu, 28 November 2021. Pria yang merupakan direktur artistik untuk koleksi pria Louis Vuitton (LV) sekaligus pendiri Off-White ini disebut sudah berjuang melawan penyakitnya selama bertahun-tahun.

Virgil Abloh disebut meninggal kanker sarkoma jantung, yang merupakan salah satu jenis kanker langka dan agresif. Pihak keluarga menjelaskan, Abloh telah mengidap penyakit tersebut sejak 2019 lalu. Dia juga telah menjalani berbagai perobatan untuk mengobati kondisinya.

“Kami semua terkejut soal kabar duka ini. Virgil bukan saja seorang desainer jenius, tapi juga seorang pria dengan jiwa yang indah serta kebijaksanaannya yang besar,” kata Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault melalui keterangannya seperti mengutip AFP, Senin, 29 November.

Baca Juga: Update Omicron: Gawat! Penyebarannya Semakin Meluas

Virgil Abloh merupakan pria kulit hitam pertama yang menempati salah satu posisi pimpinan kreatif di lini merek pakaian top dari Perancis itu. Abloh mampu menggaet busana jalanan seperti sneaker dan hoodies naik ke atas panggung peragaan busana dunia. Ia terpilih sebagai direktur artistik untuk koleksi pria Louis Vuitton pada 2018 silam.

Pria yang berasal dari keluarga imigran Ghana ini mendirikan label streetwear Off-White, di mana 60% sahamnya dipegang oleh LVMH.

Selama ia bekerja dengan Louis Vuitton, Abloh mengusung misi pribadinya untuk mengenalkan isu sosial hingga lingkungan di atas panggung busana. Salah satu yang pernah ia angkat adalah pesan anti homofobia dan anti rasialisme pada peragaan busana pada Januari lalu di Perancis.

Baca Juga: Resep Bahn Mi, Sandwich Ala Vietnam yang Cocok Sebagai Menu Sarapan

Awal tahun ini, ia memang pernah mengatakannya kerja samanya dengan merek populer LV itu untuk “memperluas peluang untuk orang-orang yang beragam dan memicu kesetaraan serta inklusi yang lebih besar di dalam industri (mode).”

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dihantam Tsunami, Raja Tonga Dievakuasi oleh Pasukan

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:10 WIB
X