• Jumat, 30 September 2022

Ngotot Kunjungi Taiwan, 5 Anggota Kongres Amerika Buat China Geram

- Jumat, 26 November 2021 | 14:20 WIB
 China kecam pejabat Amerika Serikat yang kunjungi Taiwan.  (China Daily)
China kecam pejabat Amerika Serikat yang kunjungi Taiwan. (China Daily)

BICARABERITA - Lima anggota Kongres Amerika Serikat (AS) tiba di Taiwan pada Kamis, 25 November 2021. Sebelumnya China mengecam tiap lawatan pejabat asing ke wilayah yang disebutnya pembangkang itu.

“Saat kabar terkait perjalanan kami (ke Taiwan) tersiar kemarin, kantor saya mendapatkan pesan terang-terangan dari Kedutaan China, meminta saya untuk membatalkan perjalanan,” ujar anggota parlemen Michigan, Elissa Slotkin melalui Twitter miliknya pada Kamis, 25 November 2021.

Ia menyampaikan kepentingan Amerika ke Taiwan tidak hanya terkait konflik dan status wilayah tersebut atas China. Ia menjelaskan tujuan anggota Kongres Amerika ke Taipei saat ini salah satunya adalah terkait pemantauan industri produsen microchip Taiwan.

Baca Juga: Derita Rakyat Afghanistan setelah 100 Hari Kekuasaan Rezim Taliban, Dari Menjual Anak sampai Narkoba

“Produsen microchip terbesar bagi industri otomotif terdapat di sini, di Taiwan. Jadi soal rantai pasokan tentu akan jadi salah satu agenda (pertemuan),” sambung Slotkin.

Ia juga mengatakan perjalanan kali ini dilakukan setelah delegasi Kongres menghadiri perayaan hari Thanksgiving bersama pasukan Amerika di Korea Selatan.

Ia melanjutkan, kunjungan ini juga adalah kegiatan yang baik untuk membahas masalah ekonomi hingga keamanan nasional. Rombongan dipimpin oleh Ketua Urusan Veteran Amerika di Dewan Perwakilan As, Mark Takano.

Baca Juga: Yeay! Arab Saudi Cabut Larangan Masuk Pelancong dari Indonesia

Selain Slotkin, anggota parlemen lainnya yang turut serta dalam perjalanan ini adalah perwakilan California Sara Jacobs, Perwakilan Texas Colin Allred dan perwakilan South Carolina Nancy Mace. Rupanya lawatan Kongres ini berlangsung saat AS dan China bersitegang, salah satunya terkait isu Taiwan.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X