• Jumat, 30 September 2022

Yeay! Arab Saudi Cabut Larangan Masuk Pelancong dari Indonesia

- Jumat, 26 November 2021 | 11:17 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah.  (haji.kemenag.go.id)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah. (haji.kemenag.go.id)

BICARABERITA - Arab Saudi mencabut larangan masuk bagi pengunjung dari enam negara, termasuk Indonesia. Keenam negara tersebut adalah Indonesia, Vietnam, Pakistan, India, Brazil dan Mesir.

Melansir Arab News, Jumat, 26 November 2021, selama ini Arab Saudi melarang ekspatriat masuk negaranya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Mereka yang ingin masuk harus lebih dulu melakukan karantina di negara ketiga. Saat ini pengunjung dari enam negara di atas diperbolehkan langsung masuk Arab Saudi.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi merilis arahan untuk memperbolehkan para ekspatriat yang telah melakukan vaksinasi lengkap dari Indonesia, tanpa harus karantina 14 hari di luar negara sebelum ke Kerajaan. Perubahan ini mulai berlaku pada 1 Desember pukul 01.00 WIB.

Baca Juga: Korea Utara Hukum Mati Warganya yang Selundupkan Serial Squid Game

Sesampainya di Saudi, para pelancong dari enam negara tersebut tetap harus dikarantina di fasilitas yang telah ditentukan pemerintah selama lima hari. Karantina ini wajib dijalani terlepas dari status vaksinasi di negara asal.

“Sumber tersebut menegaskan perlunya mematuhi penerapan seluruh tindakan pencegahan COVID-19 yang diberlakukan pemerintah,” tulis laporan kantor berita Saudi, SPA, pada Jumat, 26 November.

“Dia (pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi) juga menyampaikan bahwa seluruh proses tindakan harus diperiksa terus menerus oleh otoritas kesehatan Saudi. Sesuai perkembangan situasi epidemiologis global,” jelas SPA.

Baca Juga: 100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

Pengumuman ini dirilis sesuai pembaruan terkait kondisi COVID-19 Saudi dan dunia, termasuk di keenam negara tersebut.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X