• Senin, 29 November 2021

100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

- Kamis, 25 November 2021 | 12:19 WIB
Supreme Leader Taliban, Hibatullah Akhundzada.  (Dok. The New Indian Express.)
Supreme Leader Taliban, Hibatullah Akhundzada. (Dok. The New Indian Express.)

BICARABERITA - 23 November 2021, tepat 100 hari Taliban berkuasa di Afghanistan, negara itu pun kini berada di ambang kehancuran. Hingga kini, Taliban masih berjuang mendapatkan pengakuan dunia di tengah krisis ekonomi.

Menteri Luar Negeri Afghanistan saat ini, Amir Khan Muttaqi, terus berupaya secara diplomatik supaya dunia internasional mengakui kelompoknya sebagai pemerintahan yang sah di Afghanistan.

Melansir media lokal Afghanistan, Tolo News, delegasi rezim Taliban menghampiri berbagai negara regional untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah asing. Dari upayanya, setidaknya enam negara telah berkunjung ke Afghanistan dan bertemu pejabat terkait.

Baca Juga: Kapal Imigran Tenggelam di Selat Inggris, 31 Orang Tewas

Utusan Khusus dari Belanda untuk Afghanistan Emiel de Bont, Utusan Khusus Jerman untuk Afghanistan dan Pakistan Jasper Wieck, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi, dan Menteri Luar Negeri Uzbekistan Abdulaziz Kamilov adalah beberapa pejabat dari negara lain yang telah berkunjung ke Afghanistan.

“Peraturan diplomatik dan luar negeri Emirat Islam (Afghanistan) hanya pada sejumlah negara tetangga serta regional selama 100 hari. Sejumlah negara sedang menanti untuk menyaksikan apakah Taliban bakal memenuhi komitmen yang dijanjikan sebelumnya ataukah tidak,” tutur mantan penasihat Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Fakhruddin Qarizada.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat di Wilayah Eropa dan Asia Tengah, WHO Kenalkan Pendekatan ‘Vaksin Plus’

Sejak 100 hari Taliban memimpin, beberapa pertemuan dengan negara asing seperti China, Rusia, Iran, India dan Pakistan telah mereka lakukan. Meski begitu, belum ada negara manapun yang mengakui rezim Taliban sebagai pemerintah sah Afghanistan.

Kehancuran Afghanistan Makin  Nyata

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Omicron: Gawat! Penyebarannya Semakin Meluas

Senin, 29 November 2021 | 10:36 WIB

Tragedi Kebakaran Bus di Bulgaria Tewaskan 46 Orang

Kamis, 25 November 2021 | 17:02 WIB

100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

Kamis, 25 November 2021 | 12:19 WIB
X