• Senin, 29 November 2021

Kapal Imigran Tenggelam di Selat Inggris, 31 Orang Tewas

- Kamis, 25 November 2021 | 11:20 WIB
Ilustrasi kapal imigran yang tenggelam.  (Independent)
Ilustrasi kapal imigran yang tenggelam. (Independent)

BICARABERITAKapal imigran tenggelam di Selat Inggris pada Rabu, 24 November 2021, mengakibatkan 32 migran tewas. Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin menyebut kejadian ini sebagai tragedi terbesar yang melibatkan migran dalam perjalanan berbahaya hingga kini.

“Pihak terkait menemukan 31 jasad, termasuk lima perempuan dan satu orang gadis belia. Dua orang ditemukan selamat,” ujarnya seperti mengutip AP, Kamis, 25 November 2021.

Satu orang penumpang lainnya dikabarkan masih hilang, dan kebangsaan para migran tersebut juga belum diketahui. Hingga Rabu malam, Prancis-Inggris masih melakukan operasi pencarian terhadap para penyintas.

Baca Juga: Jerman akan Legalkan Ganja, Berikut Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan

“Empat pelaku penyelundup diamankan pada Rabu sebab dicurigai berkaitan dengan kapal yang tenggelam,” ungkap Darmanin kepada awak media di kota Pelabuhan Calais, Prancis.

Jaksa regional memulai penyelidikan pembunuhan massal, migrasi ilegal terorganisir dan tudingan lain usai kejadian itu. Jaksa Lille Carole Etienne, menyampaikan para pejabat masih berusaha mengidentifikasi korban meninggal dan menentukan usia serta asal negara mereka.

Ia mengatakan penyelidikan ini kemungkinan akan melibatkan negara-negara lain karena banyaknya informasi terkait penumpang yang bermunculan.

Baca Juga: China Didesak Buktikan Keselamatan Peng Shuai, Petenis yang Ungkap Kasus Pelecehan Mantan Wakil PM Zhang Gaoli

“Ini merupakan hari berkabung besar untuk Prancis, untuk Eropa, untuk umat manusia yang menyaksikan orang-orang ini tewas di laut,” ucap Darmanin.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Omicron: Gawat! Penyebarannya Semakin Meluas

Senin, 29 November 2021 | 10:36 WIB

Tragedi Kebakaran Bus di Bulgaria Tewaskan 46 Orang

Kamis, 25 November 2021 | 17:02 WIB

100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

Kamis, 25 November 2021 | 12:19 WIB
X