• Senin, 29 November 2021

Resmi! Arab Saudi Larang Selfie di Masjidil Haram

- Kamis, 25 November 2021 | 09:32 WIB
Ilustrasi selfie.  (saidaonline)
Ilustrasi selfie. (saidaonline)

BICARABERITA - Arab Saudi resmi mengeluarkan aturan terkait larangan mengambil foto, video maupun selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kedua masjid yang terletak di Makkah dan Madina ini sendiri merupakan tempat suci umat Islam. Siapa pun yang tak mematuhi aturan tersebut dipertimbangkan untuk dijatuhi tudingan pelanggaran berat. Aturan serupa juga diberlakukan di seluruh tempat suci di Arab Saudi.

Dari laporan resmi The Saudi Expat, pengunjung dilarang mengambil gambar di dalam maupun sekitar masjid. Petugas keamanan akan memastikan para pengunjung mematuhi aturan ini.

Pengunjung yang nekat melanggar aturan ini, petugas keamanan tak akan segan-segan untuk mengambil atau menahan ponsel, kamera atau peralatan lain yang dipakai untuk merekam maupun mengambil gambar.

Baca Juga: Kerusuhan yang Melibatkan Dua Organisasi Massa atau Ormas Pecah di Sekitar Kawasan Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Arab Saudi mengatakan alasan pelarangan ini serupa dengan kejadian tahun 2017 lalu. Saat itu pengunjung masuk ke masjid suci dan mengunggah fotonya di laman media sosial Facebook miliknya. 

Unggahan itu pun langsung mendapat beragam reaksi, termasuk reaksi negatif. Terkait hal tersebut, Pemerintah Arab Saudi ingin mencegah peristiwa serupa terulang lagi, dengan selalu menjaga kehormatan tempat suci.

“Umumnya jamaah saat ini menghabiskan waktu dengan mengambil foto serta video ketimbang beribadah. Sikap ini tidak hanya tak menghormati tempat suci tetapi juga mengganggu ibadah jamaah lainnya,” tulis pemerintah Saudi.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk Dua Kapal Feri Tabrakan di Dekat Pulau Merak Besar

Aturan ini pun mendapatkan banyak dukungan karena dinilai membantu jamaah untuk memahami pentingnya ibadah dan kesempatan yang dianugerahkan Allah SWT. Jamaah bisa lebih fokus pada haji, umroh atau ibadah-ibadah lainnya.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Omicron: Gawat! Penyebarannya Semakin Meluas

Senin, 29 November 2021 | 10:36 WIB

Tragedi Kebakaran Bus di Bulgaria Tewaskan 46 Orang

Kamis, 25 November 2021 | 17:02 WIB

100 Hari Taliban, Kehancuran Afghanistan di Depan Mata

Kamis, 25 November 2021 | 12:19 WIB
X