• Kamis, 27 Januari 2022

Kasus Covid-19 di Belanda Menggila: Kirim Pasien ke Jerman-Tunda Operasi

- Rabu, 24 November 2021 | 11:54 WIB
Pasien Covid-19 di rumah sakit Belanda.  (EURACTIV)
Pasien Covid-19 di rumah sakit Belanda. (EURACTIV)

BICARABERITA – Beberapa minggu terakhir kasus Covid-19 di Belanda semakin tinggi hingga membuat rumah sakit setempat kewalahan. Untuk mengurangi beban rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19, Belanda mulai mengirimkan pasien ke Jerman.

Pejabat kesehatan Belanda mengatakan seorang pasien dikirimkan menggunakan ambulan dari Rotterdam menuju salah satu rumah sakit di Bochum, Jerman, sejauh 240 kilometer. Beberapa pasien lain juga akan dipindahkan ke kota yang sama tetapi di hari berbeda.

Sejauh ini, total 20 tempat tidur yang ditawarkan rumah sakit di Jerman khusus bagi pasien Covid-19 asal Belanda. Padahal, Jerman sendiri juga tengah menghadapi gelombang Covid-19.

Baca Juga: Menjadi Negara dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Jerman Akhirnya Melakukan Hal Ini

Beberapa minggu terakhir, jumlah pasien Covid-19 di Belanda terus meningkat hingga di level tertinggi. Setidaknya 488 dari 1.050 tempat tidur di Ruang Perawatan Intensif (ICU) rumah sakit Belanda telah terisi pasien.

Rumah sakit di negara itu pun telah mengurangi penerimaan pasien lain, termasuk pengidap kanker dan operasi jantung demi memberikan perawatan bagi pasien Covid-19.

Reuters melaporkan, NZA (Otoritas Kesehatan Belanda) menuturkan hampir sepertiga dari seluruh ruang operasi rumah sakit di Belanda telah ditutup untuk pembatasan penggunaan ICU. Seperlima dari keseluruhan rumah sakit di negara itu juga terpaksa menunda sementara jadwal operasi pasien non-Covid.

Baca Juga: Amerika Serikat Masukkan Tiga Anggota ISIS di Afghanistan ke dalam Daftar Hitam

Prediksi dari pihak berwenang mengatakan kenaikan kasus Covid-19 di Belanda masih akan terjadi mengingat infeksi harian yang terus mencatatkan rekor tertinggi.

Halaman:

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dihantam Tsunami, Raja Tonga Dievakuasi oleh Pasukan

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:10 WIB
X