• Jumat, 30 September 2022

Ketahui seputar badai Matahari dan apa saja potensi yang akan terjadi

- Senin, 15 Agustus 2022 | 10:10 WIB
 badai matahari akan menghantam bumi pada Rabu 3 Agustus 2022. (http://healingenergy.com/)
badai matahari akan menghantam bumi pada Rabu 3 Agustus 2022. (http://healingenergy.com/)

BICARABERITA - Intensitas badai matahari diklasifikasikan menjadi lima tingkat oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang berbasis di AS: G1-G5. G adalah singkatan dari efek geomagnetik yang dipicu oleh awan plasma. Level 5 sesuai dengan efek yang sangat kuat, sedangkan level 1 sesuai dengan efek kecil.

Badai matahari saat ini diklasifikasikan sebagai G1, menurut NOAA. Sebagian besar tidak akan menyadarinya, hanya sedikit yang akan menganggapnya sebagai tontonan alam yang bercahaya.

Sesekali badai matahari melanda Bumi, memicu rentetan artikel yang memperingatkan tentang potensi gangguan pasokan listrik global serta komunikasi telepon dan satelit.

Baca Juga: Akhirnya Alfamart tanggapi karyawannya yang diancam UU ITE setelah viral, begini isi tanggapannya

Puncak badai matahari diperkirakan terjadi pada 2025. Matahari berada pada siklus matahari 11 tahun. Yang saat ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2025, kata para ilmuwan, pada saat itu suar akan lebih intens dan ekstrem.

Ini bisa menjadi alasan untuk beberapa kekhawatiran. Struktur komunikasi internet yang ada rentan terhadap badai matahari yang dahsyat, menurut studi University of California-Irvine tahun 2021.

Menurut penulis Sangeetha Abdu Jyothi, jika badai matahari yang sangat kuat menabrak Bumi, itu akan memiliki kekuatan untuk tidak hanya mengganggu jaringan listrik dan satelit, tetapi juga melumpuhkan internet dalam jangka panjang.

Komunikasi melalui satelit yang tidak terlindungi (seperti sistem navigasi GPS) dan repeater kabel bawah laut, yang dipasang setiap 50 hingga 150 kilometer untuk memperkuat sinyal komunikasi melalui rute koneksi yang panjang, sangat rentan.

Interferensi elektromagnetik yang sangat kuat dapat melumpuhkan sistem sensitif sepenuhnya.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Cara agar cepat tinggi, nomor 2 paling ampuh!

Rabu, 28 September 2022 | 21:12 WIB

Berapa lama sebaiknya kita tidur? Jangan sampai salah!

Rabu, 28 September 2022 | 08:03 WIB

3 cara menghafal dengan cepat, nomor 2 paling ampuh!

Rabu, 28 September 2022 | 07:25 WIB

3 cara ampuh atasi sakit tenggorokan, mudah dan efektif!

Selasa, 27 September 2022 | 08:56 WIB
X