• Jumat, 19 Agustus 2022

Bagi kalian yang mager mandi, baca ini! Sejarah ditemukan-nya sabun di zaman dahulu

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:35 WIB
Ilustrasi Bagi kalian yang mager mandi, baca ini! Sejarah ditemukan-nya Sabun di zaman dahulu. (pexels.com)
Ilustrasi Bagi kalian yang mager mandi, baca ini! Sejarah ditemukan-nya Sabun di zaman dahulu. (pexels.com)
 
BICARABERITA - Mandi. Satu kata yang dipandang berbeda oleh setiap orang. Bagi sebagian orang mandi adalah hal yang sakral.
 
Ada juga yang menganggapnya sebagai bentuk kecintaan terhadap tubuh, atau bahkan ada yang menganggap bahwa mandi itu nggak penting-penting amat.
 
Mandi tanpa sabun membuat tubuh kita seperti ikan sarden, licin. Jadi bayangin gimana orang-orang sebelum sabun ditemukan.
 
lalu hal yang berubah itu semua muncul ketika masyarakat Mesir kuno membuat sabun untuk pertama kalinya di tahun 2800 sebelum Masehi.
 
 
Melansir dari kanal YouTube KHT! - kamu Harus Tahu pada 19 juli 2020, menceritakan sejarah sabun. Dahulu orang-orang membuat sabun dengan proses saponifikasi yaitu dengan mencampur lemak hewan dengan garam.
 
Istilah saponifikasi berasal dari bahasa latin yaitu Sapo yang artinya sabun. Sapo adalah nama dari sebuah gunung dalam legenda Romawi kuno yang biasa dijadikan tempat untuk memotong hewan persembahan dalam upacara.
 
Ketika hujan sisa-sisa lemak hewan itu tercampur dengan Abu kayu pembakaran dan mengalir ke sungai.
 
Saat orang-orang sedang mandi dan mencuci di sungai, mereka lalu sadar kalau airnya mengeluarkan busa dan pakaian mereka jadi lebih bersih.
 
Pada abad yang sama orang-orang Romawi kuno juga membuat sabun dengan proses yang sama, tapi bahan yang digunakan Aneh yaitu mencampurkan lemak hewan dengan air kencing manusia.
 
 
Tapi sabun ini hanya digunakan untuk mencuci pakaian saja. Tidak heran, dulu ada pekerjaan yang tugasnya ngumpulin air kencing untuk dijual ke pembuat sabun.
 
Lalu pada abad ke 16 di dataran Eropa, sabun merupakan barang asing juga mewah yang tidak bisa semua orang miliki, karena orang-orang memberikan hadiah spesial berupa bingkisan berisi sabun.
 
Di Indonesia sendiri sebelum mengenal sabun orang-orang terbiasa mandi dengan menggosokkan batu untuk menyingkirkan kotoran di tubuh.
 
Jadi untuk kalian yang suka mager buat mandi, sadarlah kalau dulu manusia harus bersusah payah untuk hanya sekedar mandi sampai-sampai harus membuat sabun dengan air kencingnya sendiri.***

Editor: Veliciana Gracica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tips atasi tekstur kulit wajah yang tidak rata

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:28 WIB

Fakta tersembunyi tentang seorang Introvert!!

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:04 WIB
X