• Jumat, 19 Agustus 2022

Kapan Puasa Idul Adha 2022 dilakukan? Berikut Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

- Rabu, 29 Juni 2022 | 13:30 WIB
Yuk kita jalankan puasa di bulan Dzulhijjah. Berikut ini ada 3 niat puasa Idul Adha bagi Pembaca yang akan menjalankannya. (Masjid MABA via Unsplash.com)
Yuk kita jalankan puasa di bulan Dzulhijjah. Berikut ini ada 3 niat puasa Idul Adha bagi Pembaca yang akan menjalankannya. (Masjid MABA via Unsplash.com)

BICARABERITA – Menjelang datangnya bulan Dzulhijjah 1443 H, umat muslim tentu bertanya-tanya kapan puasa Idul Adha 2022 dilaksanakan.

Ada tiga puasa sunah jelang Idul Adha di bulan ini, yaitu puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah yang dapat dilakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah. 

Bulan Dzulhijjah tidah hanya identik dengan hari raya kurban dan haji, tetapi juga anjuran memperbanyak ibadah, dan melakukan berbagai amalan sunnah. Salah satunya adalah anjuran berpuasa.

Sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”

Baca Juga: MUI Siapkan Fatwa Penggunaan Ganja Medis, Ini Kata Wapres MA'ruf Amin

Keutamaan puasa pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah ini salah satunya adalah dilipatgandakan pahalanya. Satu hari puasa setara dengan satu tahun berpuasa.

Untuk umat muslim pemburu amal kebaikan, simak tanggal puasa Dzulhijjah 2022, Tarwiyah, dan Arafah berikut ini.

Jadwal Puasa Dzulhijjah 2022

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tips atasi tekstur kulit wajah yang tidak rata

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:28 WIB

Fakta tersembunyi tentang seorang Introvert!!

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:04 WIB
X