• Jumat, 19 Agustus 2022

PN Surabaya Izinkan Nikah Beda Agama, Menghindari Kumpul Kebo

- Minggu, 26 Juni 2022 | 14:03 WIB
Sholihin Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jatim menanggapi kasus pernikahan beda agama yang diizinkan PN Surabaya (MUI Jatim)
Sholihin Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jatim menanggapi kasus pernikahan beda agama yang diizinkan PN Surabaya (MUI Jatim)

BICARABERITA - Kabar mengejutkan datang dari Surabaya. Dikabarkan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengizinkan warganya beda agama.

Hal ini dilakukan supaya menghindari tindakan kumpul kebo. Hal ini turut dijelaskan oleh Humas PN Surabaya, Suparno.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina dalam Misi Perdamaian

"Apabila pernikahan beda agama dan ada penolakan dari KUA dan dari Kantor Catatan Sipil juga menolak, maka PN bisa mengabulkan dengan pertimbangan guna untuk menghindari kumpul kebo dan demi status anak biar jelas Bapaknya," ujar Suparno pada Rabu, 22 Juni 2022.

Adanya keputusan PN memperbolehakan nikah beda agama ini berawal ketika calon pengantin, berinisal RA, ingin menikahi pasangannya berinisal EDS, yang beragama Kristen.

Baca Juga: Ayah Sejuta Anak Asal Lampung Selamatkan 55 Nyawa Bayi

Pada saat mereka hendak mendaftarkan berkas pernikahan mereka ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berkas mereka justru ditolak.

Mendapati keputusan demikian, keduanya langsung mengajukan permohonan pernikahan beda agama ke PN Surabaya. Pengajuan berkas mereka lakukan pada 13 April 2022 lalu.

Permohonan mereka pun dikabulkan pada 26 April 2022. Dikabulkannya permohonan mereka tercantum pada penetapan Nomor 916/Pdt.P/2022/PN Sby.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tips atasi tekstur kulit wajah yang tidak rata

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:28 WIB

Fakta tersembunyi tentang seorang Introvert!!

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:04 WIB
X