• Minggu, 22 Mei 2022

6 Makanan yang Pantang Dimakan saat Perayaan Imlek, Dipercaya Dapat Membawa Kesialan

- Rabu, 26 Januari 2022 | 10:21 WIB
Salah satu hal yang dilakukan saat tahun baru imlek adalah berdoa. Berikut adalah enam makanan yang dipercaya dapat membawa kesialan saat Hari Raya Imlek.  (Instagram/@dewi_vs)
Salah satu hal yang dilakukan saat tahun baru imlek adalah berdoa. Berikut adalah enam makanan yang dipercaya dapat membawa kesialan saat Hari Raya Imlek. (Instagram/@dewi_vs)
 
BICARABERITA – Imlek merupakan perayaan yang sangat spesial bagi masyarakat Tionghoa setiap tahun. Berbagai tradisi dan makanan khasnya yang selalu disajikan secara khusus untuk menyambut Imlek.

Namun ternyata dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, ternyata juga ada beberapa makanan yang pantang dimakan saat perayaan Imlek. Karena dipercaya jika memakannya saat perayaan Imlek dapat mengundang kemalangan.

Selain itu menurut masyarakat Tionghoa makanan bukan hanya dimakan karena rasanya yang enak, namun setiap makanan juga memiliki makna tertentu.
 
Baca Juga: Cara Membuat Emojimix yang Viral di TikTok

Berikut enam makanan yang pantang dimakan saat perayaan Imlek beserta maknanya. 

1. Bubur
 
Ilustrasi bubur. (Istimewa)


Bubur adalah salah satu makanan yang sederhana sehingga dapat ibaratkan sebagai pengharapan yang buruk. Terlebih bubur terbuat dari nasi yang sudah menjadi lembek dan berair. Dengan menyantapnya saat perayaan Imlek dianggap akan membawa kesusahan secara ekonomi bahkan kemiskinan.

2. Makanan Berwarna Putih
 
Ilustrasi tahu. (Istimewa)


Makanan yang memiliki warna putih seperti tahu, telur, keju putih biasanya tidak disajikan pada perayaan Imlek. Karena dalam tradisi masyarakat Tionghoa dianggap akan membawa sial dan dapat juga melambangkan kematian.
 
 
Ilustrasi sayap ayam. (Istimewa)


Olahan ayam memang biasanya juga disajikan dalam perayaan Imlek, kecuali sayap ayam. Hal ini terjadi karena harusnya keberuntungan dan kebahagian harus hadir dalam perayaan Imlek, namun jika mengkonsumsi sayap ayam maka keberuntungan dan kebahagian akan terbang dan membawa kesialan tahun depan.

4. Lobster
 
Ilustrasi lobster. (Istimewa)


Lobster adalah hewan yang berenang dengan cara mundur, maka dari itu lobster dilarang disajikan saat perayaan Imlek tiba. Jika mengkonsumsi lobster akan membuat kehidupan seseorang akan mengalami kemunduran pada tahun depan.
 

5. Salak
 
Ilustrasi salak. (Istimewa)


Buah salak adalah salah satu buah yang tidak boleh dimakan saat perayaan Imlek karena kulitnya yang tajam. Kulit tajam dari salak memiliki makna seperti tantangan yang dapat menghambat dan mempersulit kehidupan di masa yang akan datang.

6. Roti Berlubang
 
Ilustrasi roti berlubang. (Istimewa)


Biasanya roti-roti yang disajikan saat Imlek identik dengan tekstur yang padat seperti kue keranjang. Karena ada kepercayaan yang mengatakan jika memakan roti dan kue yang berlubang akan mendekatkan orang yang memakannya dengan kematian.***

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X