• Minggu, 22 Mei 2022

Tanggal 26 Januari 2022 Memperingati Hari Apa, Ada Peristiwa Apa? Simak Penjelasannya!

- Rabu, 26 Januari 2022 | 05:52 WIB
Ilustrasi tanggal 26 Januari.  (Jateng Network)
Ilustrasi tanggal 26 Januari. (Jateng Network)

 

BICARABERITA - Hari ini adalah tanggal 26 Januari yang memperingati hari apa, dan ternyata ini peristiwa tanggal 26 Januari sepanjang tahun yang perlu diketahui.

Di tanggal 26 Januari sepanjang tahun, banyak peringatan dan peristiwa pertempuran yang terjadi.

Tanggal 26 Januari sendiri jatuh di hari Rabu dan hari pasarannya adalah Pahing atau Rabu Pahing dengan neptu 16.

Baca Juga: Sekumpulan Puisi Irno Januario, Jalan Pulang, Punggung Seorang Pemulung dan Gadis Desa

Berikut ini adalah daftar peristiwa yang terjadi. 

  1. Tahun 1500 Vicente Yáñez Pinzón adalah orang Europa pertama yang menemukan Brasil, lalu di tahun 1531 terjadi gempa bumi di Portugal mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia.
  2. Di tahun 1564 terjadi peristiwa yakni Konsili Trente menetapkan perbedaan resmi antara Katolik Roma dan Protestanisme.
  3. Di tahun 1564 ada peristiwa Grand Duchy Lithuania mengalahkan Kekaisaran Rusia dalam Pertempuran Ula.
  4. Di tahun 1565 terjadi sebuah Pertempuran Talikota, antara Kerajaan Wijayanagara dan Kesultanan Dekkan.
  5. Di tahun 1589 Job terpilih sebagai Patriark Moskow dan seluruh Kekaisaran Rusia, lalu di tahun 1699 terjadi peristiwa bersejarah yakni Kesultanan Ottoman permanen menyerahkan wilayah kepada kerajaan Kristen.
  6. Di tahun 1700 terjadi Gempa bumi besar Cascadia terjadi di lepas pantai barat Amerika Utara, dan tahun 1736 Raja Stanislaus I dari Polandia telah turun tahta.
  7. Di tahun 1788 pelayaran pertama Armada Pertama Britania Raya, dipimpin Captain Arthur Phillip dari Teluk Botany ke Sydney Cove guna membentuk pemukiman Eropa pertama di benua itu.
  8. Di hari tepatnya di tanggal 26 Januari dirayakan sebagai Hari Australia atau Australia Day.
  9. Di tahun 1808 terjadi Pemberontakan Rum yakni pasukan New South Wales Corps di bawah pimpinan Mayor George Johnston mengambil alih kekuasaan pemerintahan koloni New South Wales.
  10. Di tahun 1837 peresmian Michigan sebagai negara bagian AS yang ke-26 dan di tahun 1838 Tennessee mengesahkan hukum larangan pertama di Amerika Serikat.
  11. Di tahun 1841 James Bremer telah resmi menguasai wilayah Possession Point, yang telah diserahkan Cina, dan membentuk koloni Hong Kong dengan nama Kerajaan Britania Raya.
  12. Di tahun 1856 terjadi pertempuran Seattle Pertama: Marinir AS dari USS Decatur memukul mundur penyerang Indian Amerika setelah bertempur seharian dengan penduduk.
  13. Di tahun 1861 terjadi Perang Saudara di Amerika yang mengakibatkan Negara bagian Louisiana keluar dari Union.
  14. Di tahun 1863 terjadi lagi sebuah Perang Saudara Amerika: General Ambrose Burnside meletakkan jabatan komando Pasukan Potomac setelah kampanye Fredericksburg yang mengerikan.
  15. Terakhir di tahun 1863 kembali lagi terjadi Perang Saudara di Amerika: Gubernur Massachusetts John Albion Andrew mendapat izin dari Menteri Perang AS membentuk milisi pasukan yang terdiri dari kaum lelaki keturunan Afrika.

Baca Juga: Tanggapan Jerome Polin Soal Teguran Sean Gelael: Aku Minta Maaf dan Akan Belajar

Itulah informasi tentang memperingati hari apa di tanggal 26 Januari sepanjang tahun.

***

Editor: Putu Agus Hariutama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X