• Kamis, 27 Januari 2022

Asteroid Dimorphos akan Dialihkan Lintasannya, Ilmuwan NASA Menjelaskan Seperti Ini

- Jumat, 26 November 2021 | 13:23 WIB
Lintasan Asteroid Dimorphos Akan Dialihkan
Lintasan Asteroid Dimorphos Akan Dialihkan

BICARABERITA - National Aeronautics and Space Administration atau yang biasa disebut NASA melakukan pengujian untuk mengalihkan asteroid dengan menggunakan pesawat ruang angkasa.

Dilansir dari Aljazeera pada tanggal 24 November 2021, tujuan dilakukan pengujian ini adalah sedikit mengubah lintasan dari Dimorphos. Dimorphos memiliki ukuran lebar sekitar 160 meter atau 525 kaki.

Pesawat ruang angkasa DART lepas landas di atas roket SpaceX Falcon 9 pada hari Selasa dari Vandenberg Space Force Base yang berada di California.

Baca Juga: Resep Tumis Jamur Tiram Simple yang Mudah dan Enak dengan Racikan Bumbu Sederhana

Instrumen canggih diletakkan pada pesawat ruang angkasa tersebut. Contohnya navigasi dan LICIACube. Dengan adanya peralatan canggih, maka memungkinkan bagi para peneliti untuk melihat kecelakaan dan efek yang ditimbulkannya.

Salah satu ilmuwan NASA yang bernama Thomas Zuburchen menjelaskan, “Apa yang kami coba pelajari adalah menangkis ancaman.”

Sebenarnya, asteroid yang digunakan dalam pengujian ini bukan merupakan ancaman. Akan tetapi, termasuk ke dalam objek yang dekat dengan bumi.

"Asteroid berukuran 100 meter dan lebih besar merupakan ancaman bagi bumi. Kita perlu mengukur kemampuan terhadap ancaman ini," tutur ilmuwan planet bernama Essam Heggy.

Kecepatan yang dimiliki probe DART untuk menabrak Dimorphos mencapai lebih dari 24.000 kilometer per jam.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekumpulan Puisi Bung Karno yang Bertema Nasional

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:37 WIB

Download Logo Hari Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:46 WIB
X