• Kamis, 27 Januari 2022

Simak 5 Manfaat Tanaman Bunga Telang, Salah Satunya Cocok Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

- Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
Tanaman Bunga Telang
Tanaman Bunga Telang

BICARABERITA – Bunga telang adalah tanaman yang biasanya hanya dijadikan tanaman hias. Namun sekarang bunga telang banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional serta sebagai pewarna biru alami dalam memasak.

Tanaman bunga telang merupakan tanaman asli yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun karena banyak manfaatnya dan keindahannya tanaman ini mulai dibudiyakan ke seluruh penjuru dunia seperti Amerika, Afrika, dan juga Australia.

Di Indonesia sendiri bunga telang sering dimanfaatkan sebagai pewarna pada makanan dan minuman yaitu nasi telang dan wedang telang. Bunga telang banyak dimanfaatkan sebagai berbagai pengobatan seperti meringankan gejala demam, peradangan, nyeri, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tiadakan Mudik, Simak Aturan Pemerintah Terkait Libur Natal dan Tahun Baru

Selain beberapa manfaat di atas bunga telang juga memiliki berbagai manfaat yang lainnya yaitu:

1. Meringankan Depresi
Esktrak bunga telang dapat menghasilkan sekitar 25 senyawa phytocomp yang berasal dari kandungan etanol yang terdapat dari bunga telang. Dari senyawa tersebut diyakini dapat membantu mengatasi gangguan mental dan depresi. Selain itu terdapat asam linolenat merupakan senyawa paling umum dari bunga telang ini juga memiliki manfaat melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan dan terakhir ada asam palmitat yang memiliki sifat anti depresan.

2. Menyembuhkan Luka
Bunga telang jika diestrak dapat menyembuhkan luka karena bunga telang mengandung flavonol glikosida dan senyawa fenolik. Kedua senyawa ini menjadi zat yang dapat mengeringkan luka dan menyembuhkan lebih cepat. Selain itu ekstrak dari biji dan tumbuhan bunga telang biasanya juga dapat dikonsumsi dengan cara diminum atau bahkan dapat dijadikan obat oles pada permukaan luka.

Baca Juga: Resep Tom Yum Goong Rumahan dengan Kaldu Udang yang Mudah dan Enak, Cocok untuk Makan Siang

3. Melancarkan Menstruasi (haid)
Bunga telang sudah banyak dikenal untuk melancarkan menstruasi sekaligus juga dapat meningkatkan kesuburan rahim. Carannya dapat menggunakan 2 hingga 3 kuntum bunga telang dan rebus dengan air, lalu minum selagi hangat. Jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah reproduksi tidak hanya kesuburan dan menstruasi tetapi juga mengatasi masalah kesuburan yang tidak normal.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekumpulan Puisi Bung Karno yang Bertema Nasional

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:37 WIB

Download Logo Hari Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:46 WIB
X