• Minggu, 22 Mei 2022

Tanaman Penis Asal Indonesia Mekar di Leiden Hortus Botanicus Belanda

- Senin, 1 November 2021 | 14:25 WIB
Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai yang tumbuh di Desa Bade, Boyolali (istimewa)
Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai yang tumbuh di Desa Bade, Boyolali (istimewa)

BICARABERITA -- Rogier Van Vugt selaku Manajer Greenhouse menyampaikan bahwa tanaman penis merupakan julukan yang telah diberikan untuk tanaman dengan nama ilmiah yakni Amorphophallus decus-silvae, di Indonesia tanaman tersebut juga dikenal sebagai dengan nama bunga bangkai.

Tanaman penis tersebut telah mekar untuk pertama kalinya setelah hampir 25 tahun, dan Tanaman penis asal Indonesia tersebut mekar di Leiden Hortus Botanicus, Belanda, pada Senin, 1 November 2021.

Berikut asal usul nama tanaman penis:

Baca Juga: Profil Voice of Baceprot, Band Metal Asal Garut yang Akan Gelar Tur Eropa

Spesies Amorphophallus decus-silvae masuk dalam famili Araceae atau keluarga talas-talasan, Suku Araceae memiliki ciri khas tanaman monokotil dengan bunga tongkol atau berseludang.

Amorphophallus decus-silvae termasuk dalam kelompok genus Amorphophallus. Genus terdiri dari sekitar 200 tanaman tropis dan subtropis.

Kerabat dekat Amorphophallus decus-silvae diantaranya Amorphophallus gigas dan Amorphophallus titanum. Dan nama Amorphophallus diberikan karena bentuk bunganya seperti penis.

“Penemu jenis ini memberikan nama berdasarkan bentuk tongkol bunganya, karena kalau kita artikan namanya adalah sebagai berikut: Amorph = tidak berbentuk, Phallus = Penis,” kata Peneliti Yuzammi melalui pesan singkat kepada jurnalis pada 2020 lalu.

Jika digabungkan, Amorphophallus berarti penis tidak berbentuk.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X